Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Mercedes-Benz Malaysia "Ledakkan" Penjualan

Kompas.com - 21/05/2016, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sepang, KompasOtomotif – Malaysia, kini jadi salah satu pasar utama Mercedes-Benz di Asia Tenggara yang memiliki perkembangan sangat baik. Penjualannya mengalami pertumbuhan signifikan pada 2015.

Mark Raine, Vice President Sales & Marketing Mercedes Benz Malaysia (MBM) mengatakan, melonjaknya penjualan yang terjadi pada tahun 2015, memang sangat membahagiakan. Namun, capaian tersebut merupakan hasil dari rencana yang sudah dipersiapkan sejak lama.

“Beberapa strategi berhail kami lakukan untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Cara pertama yang kami lakukan yaitu merancang rencana menyeluruh dan itu untuk target jangka panjang, bukan hanya untuk jangka pendek,” ujar Raine, menjawab KompasOtomotif, Jumat (19/5/2016).

Kemudian, lanjut Raine, langkah kedua yang dilakukan MBM, yaitu mengembangkan jaringan, dengan meng-upgrade fasilitas diler yang sudah ada, agar lebih berkelas. Jadi konsumen Mercedes Benz akan semakin mendapat pelayanan yang terbaik, sebagai pemilik kendaraan premium nomor satu di Malaysia.

“Jadi diler-diler yang sudah ada dibangun kembali, lalu ditingkatkan kualitasnya. Target kami, hingga akhir 2016, semua diler MBM di Malaysia, sudah memiliki semua fasilitas dengan standar tinggi, yang kemungkinan bisa semakin menarik minat konsumen,” ujar bos temuda Mercedes Benz, yang usianya baru 34 tahun.

Terakhir, kata Raine, salah satu langkah yang dilakukan, yaitu memposisikan Mercedes Benz dengan sudut pandang konsumen. Dengan cara ini, pihaknya bisa mendapatkan poin penting, terkait apa sebenarnya yang diinginkan konsumen.

“Setiap daerah tentu memiliki strategi masing-masing, Malaysia tentu akan berbeda dengan Indonesia atau Cina. Jadi tidak bisa begitu saja disalin dan diaplikasikan di wilayah lain, terkait apa yang sudah dicapai Malaysia,” tutur Raine.

Pada tahun 2014, penjualan Mercedes Benz di Malaysia hanya 6.932 unit. Angka penjualan tersebut mengalami ledakan positif sebesar 56, 5 persen di 2015, 10.845 unit. Saat ini Mercy memimpin pasar otomotif roda empat di kelas premium, dengan pangsa pasar 2,4 persen. Penjualan dari year to date tahun 2016, sudah tercatat 3.703 unit, di mana meningkat 31 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com