Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV “Hidung Pesek” Daihatsu Laris Sampai April 2016

Kompas.com - 24/05/2016, 13:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Segmen MPV “hidung pesek” alias semi bonnet kelas menengah tetap bertahan, meski tidak menunjukan gairah. Total sepanjang Januari – April 2016, penjualan ritel tiga model pengisi asal Jepang, yaitu Suzuki APV, Daihatsu Luxio, dan Nissan Evalia, cuma 3.478 unit.

Jumlah itu lebih kecil 20 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Desain MPV semi bonnet memang tidak begitu favorit ketimbang model MPV sejuta umat seperti Avanza, Xenia, Mobilio, dan Ertiga. Namun, MPV semi bonnet dengan ciri khas bodi boxy dan pintu geser punya tawaran berbeda, mengarah ke konsumen yang butuh fungsionalitas.

Febri Ardani New APV Luxury sebagai model lifestyle.
Pada April lalu, Luxio memimpin pasar dengan pencapaian 452 unit, sedangkan APV terjual 431 unit, dan Evalia. Sepanjang tahun hal ini baru pertama kali terjadi, biasanya APV yang terus memimpin.

“Pada bulan April, model Daihatsu yang bikin kejutan selain Gran Max nomor satu, Luxio kami juga nomor satu,” kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) di Maumere, Nusa Tenggara Timur, Jumat (20/5/2016).

KompasOtomotif-Roderick A Mozes Nissan Evalia didesain menggunakan pintu geser.
Namun, bila ditotal selama empat bulan, APV yang paling laris sebesar 1.686 unit, sementara Luxio 1.501 unit, dan Evalia yang kesulitan berkompetisi dengan 291 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com