Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sienta Ramaikan Segmen MPV Indonesia

Kompas.com - 11/05/2016, 08:15 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Melanglang buana di dunia selama 13 tahun (sejak 2003), Toyota Sienta akhirnya mendarat ke Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) membawa Sienta generasi kedua untuk diperkenalkan buat publik Tanah Air, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, April lalu.

Keputusan TAM meluncurkan Sienta di Indonesia tentu dengan alasan yang tepat. Persaingan di segmen MPV (mobil multguna) sudah semakin ketat, dan masyarakat Indonesia masih menunjuk MPV sebagai pilihan utama terutama yang memiliki kapasitas tujuh penumpang.

Sedianya, TAM sudah memiliki MPV lain mulai Grand New Avanza, Grand New Veloz, NAV-1, All-New Innova sampai yang termewah All-New Alphard. Segmen MPV disempurnakan dengan kehadiran Sienta.

Sienta diperkenalkan sebagai kendaraan dengan konsep multi activity vehicle (MAV). Konsep ini dikembangkan dengan konsep yang berbeda dibanding MPV sebelumnya. Sienta hadir sebagai kendaraan yang nyaman, stylish dan aman. Tak hanya nyaman dan mewah, Sienta juga punya unsur menyenangkan dan mudah dikendarai.

"Sienta hadir untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia akan sebuah kenadaraan serba guna. Paling penting adalah sudah dirakit di Karawang dengan kandungan lokal cukup tinggi. Sienta  hadir sebagai kendaraan serbaguna yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik masyaraka Indonesia" kata Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto, saat peluncuran Sienta di IIMS 2016 lalu.

Sienta akan berstatus buatan lokal dan dirakit di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Ini menandakan bahwa memang Sienta sudah disiapkan sebagai volume maker yang bersaing dengan produk laris Toyota lainnya.

Sienta menawarkan sensasi yang berbeda ketimbang kedua saudaranya, Avanza maupun Innova. Mobil ini berpenggerak depan, punya sepasang pintu geser (slide-door), dan bekalan transmisi CVT. Meski kapasitasnya sama, 1.5L, seperti Avanza, tetapi dipastikan mesinnya berbeda. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com