Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Panjang Toyota Sienta di Dunia

Kompas.com - 09/05/2016, 08:15 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Sienta memang baru saja diperkenalkan di Indonesia, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, April lalu. Tapi, tahukan Anda bahwa Sienta sudah memiliki sejarah yang cukup panjang, sejak pertama kali diperkenalkan 2003 silam.

Generasi pertama Sienta meluncur pada September 2003 di Jepang. Sienta masuk dalam segmen small subkompak minivan dengan kapasitas tujuh penumpang. Kelebihan Sienta adalah bodinya yang kompak (ringkas), serta menggunakan pintu geser (sliding door).

Toyota Sienta hadir dengan kapabilitas kursi tiga baris, dikembangkan berdasarkan basis Toyota Vitz. Tapi Sienta hadir dengan konsep kendaraan keluarga yang menyenangkan, berkapasitas 7-seater dengan konsep kendaraan yang mampu menunjang beragam aktivitas serta dilengkapi ragam fitur mumpuni.

Generasi pertama Sienta mengaspal dengan rentang usia cukup panjang 2003 sampai 2015. Sudah menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter berkode 1NZ-FE I4 DOHC, plus sistem transmisi Super CVT-i 4-speed automatic. Model ini bisa ditemukan di Jepang, Hong Kong dan Singapura. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya 110 tk pada 6000 rpm, dan efisiensi bahan bakar mencapai 16 kpl.

Pada 2006 Toyota Jepang memberikan model facelift dengan warna baru  Apple Green, Gun-Metal Grey, and Metallic Blue. Selain itu ada pengembangan fitur pintu geser dengan double electric. Sempat mengalami perubahan pada 2007 dan juga pada 2010.

Generasi kedua Sienta meluncur pada 9 Juli 2015, di Jepang. Model ini hadir dengan desain boxy tapi tetap dengan lekukan sporty pada eksterior. Desainnya yang terinspirasi dari sepatu trekking, dengan gril depan berukuran besar dan bumper belakang dihiasi garis serta lampu yang terkoneksi.

Masih menawarkan konfigurasi tujuh tempat duduk, namun dengan pengembangan pada sektor interior. Tersedia juga model hibrida dengan efisiensi bahan bakar yang mencapai 27,2 kpl. Semua tipe dilengkapi dengan “Stop & Start System” sebagai fitur standar. Sienta tersedia dalam tipe G, X, Hybrid X and Hybrid G di Jepang, Hong Kong dan Singapura. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com