Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Indonesia Bicara Tentang Sienta

Kompas.com - 11/05/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sleman, KompasOtomotif – Generasi baru Nissan Grand Livina masih dalam tahap pengembangan. Sementara menunggu kemunculannya, PT Nissan Motor Indonesia lantas menyegarkan Grand Livina dengan tambahan varian baru, XV Highway Star, yang siap meluncur Juni 2016.

Langkah ini dilakukan mengantisipasi kehadiran Toyota Sienta yang sempat disebut bakal dipasarkan pada Juli. Nissan Motor Indonesia (NMI) punya pendapat buat model baru Toyota itu. Presiden Direktur NMI yang baru, Antonio Zara, mengatakan, melahirkan Sienta adalah gerakan bagus dari Toyota.

“Saya pikir itulah peran Toyota sebagai pemimpin pasar, untuk menumbuhkan industri mereka membuat segmen baru. Mereka pernah melakukannya saat meluncurkan Avanza pada 2004,” kata Zara di Sleman, Yogyakarta, Sabtu (7/5/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi kelima Kijang Innova (2004 - 2015).
Sebelum era Avanza, masyarakat keranjingan model mobil sejuta umat dari Toyota, Kijang. Pada 2004, Kijang generasi lanjutan, kelima, meluncur dengan nama Kijang Innova. Saat itu, ujar Zara, Toyota mengangkat harga Kijang Innova lalu “menyusupkan” Avanza buat mengisi kelas di bawahnya.

Strategi mirip itu terbaca tahun ini yang melibatkan Sienta. Generasi keenam Kijang Innova telah meluncur pada November 2015, seiring dengan itu banderolnya juga terangkat menjauhi major change Avanza yang hadir pada Agustus 2015.

“Sekarang Innova (generasi keenam) juga bergerak naik, lalu terjadi gap dengan Avanza, itu sebabnya ada Sienta. Itu adalah gerakan bagus. Ini persis seperti yang terjadi pada 12 tahun lalu dan mereka melakukannya lagi,” kata Zara.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Model terbaru Toyota untuk Indonesia, Sienta diperkenalkan di IIMS 2016.

Generasi Baru

Zara menyadari segmen MPV menengah bakal semakin mengetat setelah Sienta datang. Pria yang kerap disapa Toti itu menjelaskan Grand Livina akan kembali kuat setelah generasi barunya datang, kendati dia tidak pernah menyebut kapan hal itu akan terjadi.

Grand Livina diakui bakal sulit berkembang selama tidak ada model baru. Model tulang punggung NMI itu masih bertahan di generasi yang sama selama sembilan tahun sejak meluncur di Indonesia pada 2007. Toti bilang model cenderung kehilangan kompetisi seiring usia, jadi tentu meningkatkan pasar sangat sulit dengan model sama.

“Kami mencoba bertahan dengan usaha terbaik, meski produk kompetitor sudah diperkenalkan. Itulah kenapa kami mau membuatnya tetap segar, kami punya model year 2016, kami punya varian baru. Kami mau membuatnya tetap relevan semampu kami sampai model baru datang,” kata Toti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com