Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bensin Baru Pertamax Turbo Segera Meluncur

Kompas.com - 21/04/2016, 17:47 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Cirebon, KompasOtomotif – PT Pertamina (Persero) akan menghadirkan bahan bakar minyak (BBM)  jenis baru untuk pasar Indonesia, yakni Pertamax Turbo. Saat ini, BBM untuk mesin bensin itu masih diuji di Eropa, tepatnya di Italia dan rencananya siap dipasarkan dalam waktu dekat ini di seluruh Tanah Air secara bertahap.

“Waktunya tidak lama lagi, ditunggu saja, jika tidak ada halangan bulan depan sudah bisa diluncurkan,” kata Jumali, GM Pertamina Marketing Operation Region III, di sela-sela acara pelepasan touring komunitas Speedgonz di rest area jalan tol Jakarta-Cikampek, KM 19, Kamis (21/4/2016).

Jumali menjelaskan, usulan namanya sampai saat ini masih Pertamax Turbo dan memiliki research octane number (RON) 98. Begitu juga dengan harga yang belum bisa diinformasikan, karena masih dipelajari.

“Pokoknya nanti harganya diantara Pertamax Plus dan Pertamax Racing. Kita belum bisa putuskan karena semuanya harus diselesaikan termasuk pengujiannya di Eropa,” ucap Jumali.

Nanti, kata Jumali, proses pemasarannya sama seperti Pertalite yang disebarkan secara bertahap ke setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Indonesia.

“Tidak kita sebarkan merata, tetapi bertahap karena di daerah pasti masih memiliki stok Pertamax Plus, jadi kita menggunakan cara pemasaran Pertalite dan Dexlite,” ujar Jumali.

Nasib Pertamax Plus?

Menurut Jumali, pihaknya masih belum bisa memutuskan apakah Pertamax Plus akan dihapuskan setelah Pertamax Turbo dipasarkan. Tetapi, kemungkinan besar bisa dihapus, karena sebelumnya diinformasikan terlalu kebanyakan produk.

Sebelumnya, Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) menuturkan, saat ini Pertamina memiliki Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing. Nantinya jika Pertamax Turbo hadir di Indonesia, maka Pertamax Plus akan dihilangkan.

“Jadi dari RON 92 (Pertamax) akan langsung lompat ke RON 98 (Pertamax Turbo). Jadi tidak kebanyakan produk, pusing juga kami. Lagipula untuk rata-rata grade RON 94-96 punya kemiripan, jadi langsung saja disatukan pada RON 98,” ujar Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com