Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Alonso Selamat dari Kecelakaan Maut GP Australia

Kompas.com - 21/03/2016, 08:34 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Melbourne, KompasOtomotif
– Fernando Alonso berhasil dari kecelakaan fatal yang berpotensi merenggut nyawanya ketika berlaga di seri perdana Formula1 (F1) di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (20/3/2016). Berkat standar keselamatan yang ketat dan keberuntungan pebalap asal Spanyol itu selamat.

Kecelakaan terjadi di lap ke-18, disebabkan karena ban kanan depan Alonso membentur mobil pebalap Haas Racing, Esteban Gutierrez. Setelah itu, sebelum menabrak tembok pembatas, jet darat yang dikemudikan Alonso sempat memutar di udara, demikian dilansir laman crashnet, Senin (21/3/2016).

Beruntung, kedua pebalap itu bisa selamat dari maut, terutama Alonso yang mobilnya hancur berkeping-keping. Pebalap 34 tahun itu pun memuji Federasi Internasional Automobile (FIA) karena kemajuan keselamatan yang ditingkatkan dalam 15 tahun terakhir.

Crashnet Kondisi Fernando Alonso usai kecelakaan.

“Kami kehilangan poin dan mobil, tetapi saya senang masih bisa berbicara di sini. Saya bersyukur bisa selamat dari kecelakaan itu dan saya ucapkan terima kasih kepada otoritas balapan FIA untuk semua standar keamanan, berkat itu saya masih hidup,” kata Alonso.

Menurut Alonso, faktor keamanan mobil dan dinding pembatas dibuat lebih baik. Jika tidak, Alonso hampir pasti akan kehilangan nyawa.

“Saya pikir memang begitulah balapan, terkadang kami lupa kalau sedang berada di dalam mobil dengan kecepatan 300 kpj,” ujar Alonso dikutip laman BBC, Senin (21/3/2016).

Crashnet Kondisi Jet Darat Alonso usai kecelakaan

Bukan karena itu saja, diberitakan laman Autosport, setiap musim regulasi F1 pun selalu berubah-ubah. Bahkan, di musim 2015, sisi keamanan kembali ditingkatkan. Seluruh tim wajib memperbaiki rancangan mobil, salah satunya bagian hidung.

Ukuran penampang hidung (nose tip cross section) tetap dipertahankan 90 cm2, namun posisinya bakal turun 135-220 mm di atas lantai dan lebar hidung tidak boleh lebih dari 140 mm.

Bahkan, beberapa tahun lalu, para pebalap sempat ingin melakukan boikot jika keselamatan tidak ditingkatkan. Sejak itu pula standar keselamatan dan penyelamatan pebalap dari mobil terus bertambah.

FIA terus melakukan gebrakan dalam hal keselamatan, selain soal penggunaan sabuk pengaman, diwajibkan juga semua tim memperluas kokpit, pebalap wajib menggunakan baju anti-api serta memaksakan standar penyelamatan pebalap dari mobil yaitu maksimal lima detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com