Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renault ”Comeback” Ke F1 Andalkan RS16

Kompas.com - 04/02/2016, 16:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash

Paris, KompasOtomotif – Renault akhirnya secara formal mengumumkan kembali ke balap jet darat F1 dengan menampilkan mobil terbaru, RS16, di Paris, Perancis, (3/2/2016). Mobil baru ini mengesankan keseriusan sebagai konstruktor dengan warna dominan hitam dan sedikit aksen kuning.

Sejak menggenggam juara pada 2005 dan 2006, merek mobil asal Perancis itu tidak lagi berlomba sebagai konstruktor sejak 2010. Meski akhirnya bergabung dengan tim lain (Red Bull) performa Renault justru ciamik dan meraih empat gelar juara.

Mobil RS16 terbaru akan dikendarai Jolyon Palmer dan Kevin Magnussen. Pebalap Esteban Ocon akan menjadi test driver dan pebalap cadangan. Renault juga mengumumkan Frederic Vasseur akan menjabat sebagai prinsipal tim. Sementara Cyril Abiteboul akan menjalan tugas sebagai Managing Director.

Sejumlah ikon pun terpasang pada mobil ini, termasuk Infiniti sebagai ”merek saudara” dalam aliansi Renault-Nissan, lalu ada beberapa sponsor macam perusahaan yang bergerak di bidang busana Jack & Jones, ada juga Total, EMC, dan Microsoft.

Renault kembali ke F1 setelah mengakuisisi tim Lotus yang tak lagi punya duit untuk melanjutkan balapan. Merek Renault bukan nama baru di F1. Saat menjadi tim konstruktor, mereka sudah memenangi 35 balapan, merebut 51 pole position, dua gelar juara dunia.

Gelar itu bertambah saat menjadi pemasok mesin pada beberapa tim, dengan 133 kemenangan serta sembilan gelar juara dunia.

Renault tetap akan memasok mesin untuk tim Red Bull, dan tidak lagi memasok ke Toro Rosso yang akan pakai mesin Ferrari pada 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com