Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Jadi "Provokator" Merek Lain Masuk F1

Kompas.com - 18/12/2015, 17:08 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Maranelo, KompasOtomotif – Presiden Ferrari Sergio Marchionne mengatakan bahwa dirinya selalu mendorong merek-merek besar untuk join Formula1. Seperti yang dilakukannya baru-baru ini, saat pria Italia itu ”memprovokatori” Volkswagen (VW) agar segera bergabung.

Marchionne mengaku senang kalau ajang balap jet darat itu kompetitif dengan banyaknya tim yang ikut.

Sebelumnya VW sudah digosipkan bakal masuk ke F1 sebagai pemasok mesin tim Red Bull. Tapi, sampai sekarang, belum ada kejelasan. Bahkan semakin lama semakin suram, terutama karena skandal dieselgate yang sangat memukul perusahaan.

”Teriakan” Marchionne itu juga dipicu eksistensi VW di ajang motorsport, termasuk keikutsertaan tiga mobilnya dalam World Rally Championship (WRC). Di sisi lain, grup VW yang lain, yakni Audi dan Porsche juga mulai mengurangi kehadiran mereka di Le Mans24Hours.

Marchionne menyadari, salah satu yang juga jadi pertimbangan merek-merek yang enggan masuk F1 adalah kesulitan yang dialami Honda saat ini. Bersama McLaren, Honda terseok di papan bawah, terlebih kini semakin susah menyesuaikan regulasi dengan mesin baru.

”Mungkin memang saat ini bukan ide bagus buat Vokswagen bergabung di F1. Tapi untuk masa depan, semua masih memungkinkan,” ucap Marchionne.

Merek mana lagi yang akan dirayu Marchionne?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com