Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Ketiga Toyota di Karawang Resmi Beroperasi

Kompas.com - 07/03/2016, 12:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Karawang, KompasOtomotif — PT Toyota Motor Manufacturing Motor Indonesia (TMMIN) meresmikan beroperasinya pabrik ketiga untuk produksi di Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016). Sebelumnya, peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan dilakukan pada Februari 2014 lalu.

Berlokasi di Kawasan Industri Karawang, Jawa Barat, Toyota Engine Plant III menelan investasi Rp 2,3 triliun. Ini juga merupakan pabrik kelima Toyota di Indonesia.

Pabrik terbaru Toyota ini berdiri di atas lahan seluas 150 hektar. Ini lebih besar dibanding pabrik sebelumnya, yaitu Plant I dan II yang hanya 100 hektar.

Koei Saga, Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC), mengatakan, pembangunan pabrik terbaru ini menunjukkan bahwa Indonesia jadi negara yang penting bagi Toyota. Bukan hanya sebagai tempat produksi dan mengekspor mobil, melainkan juga mesin dan komponen.

"Kami sadar akan komitmen kami untuk berkontribusi dalam perkembangan industri otomotif Indonesia, dengan transfer teknologi tinggi, juga dengan peningkatan komponen lokal dan perusahaan lokal," ujar Saga, Senin (7/3/2016).

Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN, menambahkan, kapasitas produksi pabrik baru ini mencapai 216.000 unit per tahun. Bukan hanya dinikmati di dalam negeri, melainkan juga akan diekspor ke luar negeri.

"Pabrik mesin baru di Karawang ini merupakan salah satu pabrik mesin Toyota terkini di dunia, yang dilengkapi dengan desain dan teknologi terbaru. Pabrik ini memproduksi mesin bensin aluminium R-NR, yang juga merupakan jajaran mesin baru TMC dan akan diekspor ke negara-negara di Asia," ujar Nonami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com