Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Belum sampai Tahap Uji Tabrak

Kompas.com - 28/01/2016, 09:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Level Indonesia sampai saat ini masih di tahapan sebagai produsen mobil bertaraf internasional. Tak hanya memenuhi pasar domestik, tetapi juga permintaan pasar luar negeri.

Ketika bicara evaluasi produk, produsen di Indonesia menyerahkannya ke prinsipal utama. Seperti masalah pengujian tingkat keamanannnya dengan crash test (uji tabrak).

Menurut Yui Hastoro, Direktur Teknikal dan Proyek Engineering PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Selasa (26/1/2016), di Karawang, Jawa Barat, untuk mencapai level produsen yang bisa menyelenggarakan uji tabrak sangat panjang.

”Kenapa tidak dibikin crash test di sini? Karena produsen harus melalui tahapan industri yang teratur. Pertama, istilahnya menerima gambar, lalu membuat. Kedua, bisa mendesain mobil, lalu membuat. Desain dalam hal ini sudah detail, termasuk peranti keselamatan,” ujar Yui.

Yui melanjutkan, tahapan paling ”ultimate” dalam sebuah industri otomotif adalah berada di level evaluator. Produsen tak hanya bisa mendesain dan membuat, tetapi juga mengevaluasi produk. Saat ini, Indonesia belum mencapai level tersebut, dan masih berada di level kedua yang sudah mulai mendesain dan membuat mobil.

Loncat ke tahap ketiga pun juga banyak yang harus dilakukan, termasuk hal yang detail. Yui memberi contoh, ketika produsen merakit kantung udara, semua hal yang berkaitan dengan cara kerja harus diurut, seperti berapa waktu komponen itu meledak, atau berapa tekanannya dan sebagainya.

Indonesia, menurut Yui, bukan berarti tidak mampu melakukannya. Namun, saat ini fokus industri, terutama TMMIN, adalah mengejar produksi untuk memenuhi permintaan dan terus meningkatkan pencapaian untuk kemudian menuju tahapan paling utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com