Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda "Recall" Jutaan Mobil karena “Airbag”, di Indonesia?

Kompas.com - 22/02/2016, 12:08 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Hiroshima, KompasOtomotif – Meski sudah tidak menggunakan inflator kantung udara (airbag) dari pemasok komponen Takata di mobil barunya, Mazda Motor Corporation (MMC) kembali harus melakukan aksi kampanye perbaikan massal atau recall. Jumlahnya juga cukup besar, mencapai 1,9 juta unit mobil, hampir di seluruh dunia.

Model yang bermasalah seperti diberitakan laman Reuters, Senin (22/2/2016) adalah Mazda6. Sebanyak 1,5 juta unit yang diproduksi di China dan pabrik Mazda di luar Jepang serta dijual di Eropa, China, Australia dan negara Asia lainnya.

Tak hanya itu, Mazda juga menarik 200.000 unit mobil di Jepang, seperti model Atenza, truk komersial Titan dan beberapa model lainnya yang diproduksi di bawah kontrak Mazda.

Sebagian besar inflator airbag yang cacat itu diyakini sensitif terhadap kelembaban. Ini bisa menyebabkan propelan meledak dengan kekuatan terlalu besar dan membuat pecah tabung inflator. Sudah ada beberapa kasus kematian dan lebih dari 100 orang cedera karena terkena serpihan tabung inflator.

Di Indonesia?

Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing PT Mazda Motor Indonesia (MMI) menjelaskan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi baik dari prinsipal maupun Takata. Sebab, kabar itu datangnya langsung dari Jepang.

“Masing menunggu Takata memberikan informasi objek mana saja yang terkena, karena sangat banyak sekali. Sehingga, kita belum bisa memastikan bagaimana nasib Mazda6 yang ada di Indonesia apakah terkena recall atau tidak,” ujar Astrid saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (22/2/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com