Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Ikut Ucapkan “Sayonara Inflator Airbag Takata”

Kompas.com - 09/11/2015, 16:30 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif
– Satu per satu produsen otomotif asal Jepang menyatakan tidak akan menggunakan inflator airbag (kantung udara) dari Takata pada mobil barunya. Setelah, Honda, Mazda dan Toyota, kini Nissan ikut menyatakan hal yang serupa.

“Kami telah memutuskan untuk tidak menggunakan inflator airbag Takata yang mengandung ammonium nitrat di model masa depan kami,” ujar Nissan dalam keterangan resmi yang ditulis Reuters, Senin (9/11/2015).

Keputusan tersebut diambil Nissan karena pabrikan mobil asal Jepang ini ingin mengutamakan keselamatan dan keamanan pelanggannya. “Secepatnya kami akan tetap mengganti inflator airbag Takata yang sudah ada di tangan pelanggan kami,” katanya.

Pekan ini, Nissan juga berencana melakukan pemeriksaan ulang seluruh kendaraannya yang masih menggunakan airbag Takata. Nissan ingin memastikan bahwa tidak ada lagi model bermasalah.

Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) sendiri mengklaim, bahwa inflator kantung udara Takata mengandung ammonium nitrat dan membahayakan penumpang atau pengemudi jika terjadi tabrakan. Karena, saat airbag mengembang banyak pecahan-pecahan yang mampu membuat cidera manusia.

Buktinya sudah terjadi kasus delapan konsumen Honda yang meninggal dunia akibat inflator airbag Takata di Amerika Serikat (AS) lebih dari 100 orang mengalami luka-luka. Kurang lebih ada 30 juta unit mobil yang harus ditarik kembali (recall) di seluruh dunia sejak 2008 silam dari berbagai merek termasuk Nissan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com