Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Kesaktian” Lexus di Indonesia Saat Diterpa Badai

Kompas.com - 18/01/2016, 09:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Badai lesunya pasar otomotif nasional masih berhembus, bahkan diprediksi tetap berlangsung tahun ini. Namun di tengah tren negatif itu, merek premium cenderung tak terimbas, bahkan membukukan penjualan yang baik, salah satunya dialami Lexus Indonesia.

Di tengah melemahnya angka penjualan di pasar otomotif nasional sepanjang 2015, penjualan Lexus—dikenal sebagai merek mewahnya Toyota—justru menunjukkan tren positif, mencapai penjualan 648 unit atau naik dibandingkan tahun sebelumnya di angka 617 unit.

Sejumlah model baru di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) yaitu NX dan RX yang dihadirkan pada 2015, mendapat respon positif sehingga mampu mendongkrak penjualan.

"Meski pasar otomotif nasional mengalami penurunan selama 2015, Lexus Indonesia berhasil mencatatkan kenaikan penjualan. Salah satu faktor penting dari pencapaian tersebut karena adanya dukungan dari pelanggan setia,” kata GM Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, (15/1/2016).

Lexus sukses memposisikan sebagai salah satu merek mobil mewah yang diperhitungkan di Indonesia. Keberhasilan merespons keinginan pasar akan kehadiran mobil premium yang mampu memenuhi hasrat berkendara, membuat Lexus menjadi salah satu pemain kunci segmen luxury car dunia.

Pasokan
Adrian Tirtadjaja mengatakan, permintaan sepanjang 2015 sebetulnya sangat tinggi, namun karena adanya keterbatasan pasokan dari Jepang untuk memenuhi permintaan pasar global pada semester I/2015, tidak semuanya dapat terpenuhi.

“Untuk itu, kami menyampaikan apresiasi kepada para pelanggan atas kesabarannya dalam menanti kehadiran unit yang telah dipesan. Kami harapkan, performa dan kenyamanan paripurna dari Lexus dapat membayar masa penantian yang telah dilalui,” ujar Adrian dalam siaran resmi.

Kendati baru diluncurkan pertengahan 2015, Lexus RX sebagai SUV medium dan Lexus NX sebagai SUV compact mendapat antusiasme sangat tinggi dari pasar. Hingga saat ini peminat masih harus menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan Lexus NX dan RX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com