Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Indonesia Pastikan Freed Masih Bertahan pada 2016

Kompas.com - 07/01/2016, 11:42 WIB
Aris F Harvenda,
Febri Ardani Saragih

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotif — Kabar tak sedap Honda Freed bakal berhenti diproduksi di Indonesia ditampik salah satu sumber internal Honda Prospect Motor (HPM). Ia mengakui produksi Freed belakangan terbatas karena permintaan menurun, tetapi produksinya masih terus berjalan, setidaknya hingga tahun ini.

Freed dijual di Indonesia sejak 2009, tren penurunan permintaan terjadi mulai 2014. Ketika itu total penjualan hanya mencapai 6.517 unit, turun drastis dari 2013 sebesar 18.595 unit. Pada 2015 performanya semakin payah, selama 11 bulan cuma laku 3.218 unit.

Sumber menjelaskan, Rabu (6/1/2016), produksi sekarang bergulir untuk menjaga kuota stok. Mengendurnya produksi dimulai pada 2014, Freed "dipaksa" mengalah demi model lain.

Indonesia adalah negara kedua setelah Jepang yang memproduksi Freed. Rakitan lokal dilakukan di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Indonesia juga ditunjuk sebagai basis produksi untuk pasokan ke negara di kawasan Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Meski begitu, kini satu-satunya negara yang masih menjual Freed adalah Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com