Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Mobil Ini Karyawan Porsche Tidak Naik Gaji

Kompas.com - 26/12/2015, 08:19 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Stuttgart, KompasOtomotif
– Mission E sudah mengantongi “lampu hijau” dari Porsche. Artinya, mobil listrik sport tersebut sudah siap diproduksi massal. Bahkan, demi mewujudkan produksi Mission E, karyawan Porsche sampai rela tidak naik gaji.

Penghematan tersebut disetujui oleh pekerja Porsche di pabrik Zuffenhausen, Jerman dan pihak manajemen. Persetujuan itu mencakup penambahan jam kerja dari 34 jam per pekan menjadi 35 jam. Demikian dilansir laman Reuters, Sabtu (26/12/2015).

Lebih dari itu, kedua belah pihak juga telah setuju bahwa 2016 dan 2025 tidak ada kenaikan gaji. Tetapi, Porsche menolak untuk membeberkannya secara terperinci.

Pada awal Desember 2015, Porsche juga mengumumkan telah berinvestasi 700 juta euro atau Rp 10,4 triliun. Bahkan, Porsche juga menambah 1.000 orang pekerja di pabrik yang memproduksi mobil listrik sport tersebut.

Mission E

Porsche belum membocorkan spesifikasi resmi mobil listrik sport terbarunya itu. Tapi, dari informasi yang diumumkan di Frankfurt Motor Show, konsep ini mampu menjelajah sampai jarak tempuh 500 km sekali baterai terisi penuh. Hasil itu didapat berkat dua motor listrik.

Kedua motor listrik itu diklaim mampu menghasilkan daya total lebih dari 591 tk. Kemampuan akselerasinya 0-100 kpj diraih hanya dalam 3,5 detik dan 0-200 kpj 12 detik. Motor listrik ini memiliki tegangan 800 volt dan dibuat dengan teknologi modern sehingga dalam untuk mengisi baterai butuh waktu yang singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com