Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2015, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dyandra Promosindo terus berusaha menemukan rumusan yang pas buat Indonesia International Motor Show (IIMS). Langkah besar yang telah dilakukan, menggeser jadwal penyelenggaraan empat bulan lebih awal dari kebiasaan, bila sebelumnya digelar Agustus maka tahun depan dihelat 7 – 17 April 2016.

Keputusan itu disampaikan pertama kali saat penutupan IIMS 2015. Saat itu Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh menjelaskan tidak mau lagi menyita perhatian masyarakat dengan dua pameran besar yang digelar bersamaan.

Keputusan itu terbilang baru, tapi punya konsekuensi. Pasalnya IIMS 2016 yang tetap digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, harus kehilangan hall A dan D karena masih digunakan acara lain yang sedang bergulir. Namun di lain sisi, IIMS 2016 punya kesempatan lebih besar menjangkau lebih banyak elemen sebab fokus tertuju pada satu pameran.

“Kalau saya sebagai orang baru, melihat pameran kita kok begini-begini saja. Faktor kedua kan ada dua (pameran), masa bersaing. Kita harus ada yang beda, namanya unique selling point,” kata Hendra menjawab kenapa IIMS 2016 digelar duluan di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

IIMS, kata Hendra, harus merumuskan konsep baru dalam tema “The Essence of Motor Show”. Masih banyak bagian otomotif yang belum dijamah pameran-pameran sebelumnya, sebab itulah pada 2015, IIMS memiliki agenda yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Menurut Hendra diferensiasi itu sebenarnya disukai para Agen Tunggal Pemegang Merek sebagai komponen terbesar pameran otomotif dan akan terus dibawa pada 2016. Tahun lalu Hendra mengklaim keikutsertaan ATPM hanya mencapai 65 – 70 persen, tapi ia optimis bisa mencapai 100 persen pada IIMS 2016.

Target

IIMS 2016 membidik didatangi sampai 380.000 pengunjung, lebih besar dari data pada 2015 sebanyak 359.374 pengunjung. Dinilai dari banyaknya jumlah ATPM yang ikut serta, tahun depan IIMS berharap ada perputaran uang hingga Rp 2 triliun. Tahun lalu, IIMS menjual 4.894 unit dengan nilai transaksi Rp 1,6 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com