Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda2 Dijual Toyota di Amerika Serikat

Kompas.com - 17/11/2015, 14:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Ottawa, KompasOtomotif – Awal tahun ini Mazda2 telah diputuskan tidak dijual di Amerika Serikat (AS), sekarang Kanada dilaporkan juga mengikuti cara itu. Autoblog, Senin (16/11/2015), menjelaskan, keputusan diambil setelah Mazda mengevaluasi kelas mobil segmen B atau subkompak.

Pasar segmen B dianggap tidak berkembang di kawasan Amerika Utara, jadi langkah menghentikan fokus pada Mazda2 bisa mengangkat segmen lain. Mazda kini konsentrasi dengan segmen crossover yang sedang jadi tren dunia.

Di Kanada, crossover adalah salah satu pasar yang paling cepat pertumbuhannya. Di kelas itu Mazda punya CX-3, CX-5, dan generasi terbaru CX-9 yang segera debut di LA Auto Show 2015.

The Car Connection Mazda2 dipasarkan ulang oleh Scion di Amerika Serikat dengan nama iA.
Rebadge

Mazda2 masuk AS dan Kanada dengan cara lain, menggunakan merek Scion dan Toyota. Scion memasarkan ulang Mazda2 di AS dengan nama iA. Lantas Scion iA dijual lagi oleh Toyota dengan nama Toyota Yaris Sedan di Kanada.

miltontoyota.com Yaris Sedan, hasil "rebadge" Toyota pada Mazda2 yang khusus dijual di Kanada.
Skema itu agak membingungkan sebab mobil di-rebadge dua kali berurutan. Lagipula nama Yaris Sedan di Kanada agak rancu pasalnya sama sekali tidak berhubungan dengan hatchback Yaris. Namun hal ini bisa saja dilakukan, Scion adalah merek milik Toyota khusus untuk Amerika Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com