Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Monster Listrik” BMW Berkaki Dua

Kompas.com - 12/11/2015, 10:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Munich, KompasOtomotif – BMW menunjukkan hasil kreasi baru jelang gelaran EICMA di Milan, tak lama lagi. eRR, sepeda motor sport berteknologi listrik murni, dengan tampang mirip S1000RR, siap dipamerkan sebagai simbol ketekunan produsen asal Jerman dalam menghadirkan teknologi terbaru.

eRR tampak berbagi fairing dengan S1000RR, termasuk kisi-kisi udara mirip insang ikan hiu di samping. Tapi jika diteliti, pembeda paling kentara adalah tidak adanya knalpot (karena sepeda motor listrik), pemindah gigi, dan muncul semacam casing untuk mesin.

Cukup menarik, namun BMW buru-buru menjelaskan bahwa eRR adalah proyek kerjasama dengan Technical University of Munich, lebih dipakai untuk eksperimen ketimbang konsep produksi. Kendati demikian, ide BMW menampilkan sepeda motor listrik baru tetap menarik.

BMW Tampang belakang BMW eRR, tidak ada knalpot.
”Kami bertanya pada diri kami sendiri, apa yang terjadi jika sepeda motor sport dikombinasikan dengan penggerak elektrik? Eksperimental yang menghasilkan eRR ini membawa masalah emisi nol ke level baru yang lebih menggugah,” kata Stephan Schaller, Head of BMW Motorrad.

BMW akan mengumumkan data teknisnya dalam waktu dekat. Tapi Schaller mengatakan bahwa eRR dijamin menghasilkan akselerasi impresif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com