Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Jepang

Sejam 14 Truk Mitsubishi Diproduksi

Kompas.com - 03/11/2015, 15:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kawasaki, KompasOtomotif – Setiap makanan lezat punya resep khusus yang tidak jarang dirahasiakan. Prinsip itu sama saja seperti membuat kendaraan komersial, tapi KompasOtomotif beruntung bisa menyaksikan langsung proses pembuatan truk di pabrik Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Kawasaki, Jepang, akhir pekan lalu, atas undangan Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Pabrik di Kawasaki dengan luas 431.200 meter persegi ini khusus memproduksi truk ringan dan heavy duty, lokasinya juga berbagi dengan pusat riset dan pengembangan Mitsubishi Fuso. Pabrik Kawasaki adalah salah satu dari tiga fasilitas produksi MFTBC di Jepang. Dua lainnya yaitu di Nakatsu untuk produksi transmisi dan di Toyama untuk bodi truk.

Yoshiro Motoyama, Senior Vice President, Head of Operations MFTBC menjelaskan, pabrik Kawasaki punya dua jalur produksi. Untuk truk ringan, satu jalur menghasilkan 130 unit per satu shift, itu berarti 260 unit per hari bila beroperasi normal. Sedangkan jalur produksi buat heavy duty hanya satu, kapasitas per satu shift 85 unit per hari.

“Setiap hari, 14,5 unit per jam yang diproduksi,” kata Motoyama, Sabtu (31/10/2015).

Jalur produksi selalu bergerak, jadi para pekerja harus menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Ketelitian diutamakan, sebab bila terjadi kesalahan bakal menunda pekerjaan lainnya. Mulai Agustus 2015 lalu, teknologi otomatis bertenaga listrik telah diinstal jadi memangkas waktu terbuang ketika memindahkan produk ke jalur lain.

Total kapasitas per tahun mencapai 180.000 unit, pembagiannya 50 persen produksi kendaraan completely built up (CBU) dan 50 persen completely knock down (CKD). Truk dari pabrik Kawasaki untuk memenuhi kebutuhan domestik dan seluruh pasar dunia, termasuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com