Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visi Besar Bos Baru VW

Kompas.com - 28/09/2015, 16:50 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – Selang beberapa hari setelah CEO Volkswagen (VW) Martin Winterkorn mengundurkan diri dari jabatannya karena kasus kecurangan dalam uji emisi mobil diesel di Amerika Serikat (AS). Ada tiga nama yang disiapkan untuk menjadi penggantinya, dan CEO Porsche AG, Matthias Muller berhasil ditunjuk sebagai penerus Winterkorn.

Pada akhir pekan lalu, seperti ditulis laman Wall Street Journal, Senin (28/9/2015) VW AG telah mengkonfirmasi penunjukan Muller sebagai CEO baru VW yang menggantikan posisi Winterkorn. Muller pun bersumpah akan menuntaskan masalah ini sampai benar-benar selesai.

“Tugas yang paling berat adalah mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat dengan VW. Di bawah kemempinan saya, VW akan melakukan segala sesuatu yang bisa mengembangkan dan melaksanakan kepatuhan dan standar yang ketat dalam industri kami,” ujar Muller.

Tak hanya itu, Muller juga akan melakukan restrukturisasi 12 merek yang tergabung dalam grup VW menjadi empat bagian. VW akan difokuskan menggarap kendaraan penumoang, Audi kendaraan premium, Porsche di segmen mobil mewah termasuk Bentley dan Buggati.

“Intinya, kami akan menghapus semua titik-titik lemah yang kami miliki,” kata Muller.

Muller itu sendiri dianggap sebagai orang yang cocok karena sudah memiliki pengalaman yang luar biasa dan dianggap mampu menyelesaikan masalah ini.

Muller itu sendiri merupakan mantan kepada ahli strategi produk VW yang bergabung dengan dewan manajemen pada Maret lalu. Kedatangan Muller disukai oleh mayoritas karyawan VW. Oleh karena itu, dewan direksi VW pun akan ikut mendukung Muller sebagai pengganti Winterkorn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com