Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lama Lagi "Mobil Murah" Bekas Geser MPV

Kompas.com - 22/09/2015, 13:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Komposisi penjualan kendaraan jenis LCGC yang membesar di Indonesia diprediksi akan menggerogoti MPV di pasar mobil bekas tak lama lagi. Meski tidak ekstrem dan mengambil alih tahta MPV sebagai yang terlaris, namun jumlah LCGC bekas di bursa mobil seken yang semakin banyak akan menggoda sebagian orang untuk beralih.

Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer Mobil88, mengatakan bahwa di pasar mobil bekas, sejauh ini memang masih MPV yang paling diminati. Namun dirinya memrpediksi, komposisi itu akan digerogoti LCGC.

”Kenapa? Saya akan mengacu pada penjualan mobil bekas 2-3 tahun lagi. LCGC mulai tahun ini komposisinya naik. Otomatis, mobil baru tahun ini akan dijual jadi bekas 2-3 tahun lagi. Akan jadi banyak pilihan LCGC nantinya,” kata Fischer, (21/9/2015).

Keyakinan itu juga didasari oleh kebiasaan orang Indonesia yang mulai berubah. Budaya bawa mobil besar untuk bawa banyak keluarga tak lagi ekstrem. Saat ini menurut Fischer justru banyak orang yang happy dengan keluarga kecil, ke mana-mana cukup bawa dua anak dalam satu mobil kecil.

”Ada pergeseran. Kalau dulu satu anak satu baby sitter, semua ikut dibawa. Kalau sekarang mulai banyak orang yang malah kalau bisa anakanya gak dibawa kalau mau bepergian. Ini soal culture, tapi tetap porsi terbesar masih akan MPV,” ujar Fischer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com