Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Masuk Karakter Pembeli Mobil yang Mana?

Kompas.com - 21/09/2015, 15:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada dasarnya hanya ada tiga karakter utama pembeli mobil. Pertama, orang-orang yang sangat mempertimbangkan harga. Kedua, orang yang ingin ”aman”, tak mau ribet dengan meminimalisasikan risiko, dan terakhir si ”pemuja” gengsi.

Setidaknya, tiga karakter inilah yang menurut Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer Mobil 88, yang menentukan pasar dan mengategorikan dengan sendirinya antara pasar mobil baru ”reguler”, mobil murah tapi baru (LCGC), atau mobil bekas.

Contoh kecil, saat LCGC mulai menyerbu dan tumbuh, pasar mobil bekas tidak begitu terpengaruh. Justru adanya LCGC muncul segmen baru, notabene dihuni orang-orang yang ingin aman dan meminimalisasi risiko, tapi tetap mempertimbangkan harga.

”Ada orang yang ingin membeli mobil baru, tapi harganya masih belum terjangkau. Muncul LCGC yang membuat mereka memutuskan beli mobil baru. Tapi orang-orang yang ingin beli mobil bekas dengan fitur lebih tinggi daripada LCGC tetap ada,” kata Fischer kepada KompasOtomotif, Senin (21/9/2015).

Membeli mobil baru, menurut Fischer, buat orang-orang yang ingin aman dan meminimalisasikan risiko, akan sangat berarti dan menaikkan gengsi. Ada kebanggaan, saat mobil berstatus tangan pertama, kilometer nol, dan tidak ada risiko yang harus ditanggung.

Karakter berbeda ketika ada orang yang lebih memilih mobil bekas 1 atau 2 tahun pakai. Pertimbangan ekonomis sangat tinggi. Karakter konsumen seperti ini biasanya lebih suka melimpahkan penyusutan harga 15-20 persen kepada pemilik pertama.

”Misalnya Innova, kenapa ada yang beli bekas tahun 2013-2014? Padahal harga tidak jauh dengan yang baru, cuma beda Rp 15-20 juta. Buat orang yang mampu beli mobil di atas Rp 200 juta, beda 15-20 juta gak ada artinya dong? Tapi kenapa ada yang mau beli bekas? Itu kembali ke karakter masing-masing,” kata Fischer.

Nah, kini, giliran Anda memilah, termasuk dalam karakter konsumen mobil yang mana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com