Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Palo Alto, California, AS

Selangkah Lagi, Ford Produksi "Mobil Tanpa Pengemudi"

Kompas.com - 24/06/2015, 13:45 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

San Francisco, KompasOtomotif — Mobil otonomos, atau dikenal juga sebagai "mobil tanpa pengemudi", merujuk pada kendaraan yang sebagian atau seluruh fungsi kemudinya dilakukan oleh komputer.

Ford, melalui pusat riset di Silicon Valley, mengatakan sudah semakin dekat dengan langkah produksi mobil semacam itu. Hal ini dikemukakan dalam rangkaian Further with Ford 2015 di Silicon Valley, 23-25 Juni 2015.

Setelah sebelumnya merupakan upaya riset, mobil otonomos kini adalah program rekayasa tingkat lanjut di Ford. Perusahaan itu juga telah menunjuk direktur khusus untuk pengembangan kendaraan otonomos, Randy Visintainer.

"Dalam lima tahun ke depan, kami akan menerapkan teknologi driver-assist ke seluruh jajaran produk kami, demi terwujudnya jalan raya yang lebih aman dan meningkatkan kemampuan mengemudi dengan sistem otomatis," ujar Raj Nair, Ford Group Vice President, Global Product Development.

Fase rekayasa tingkat lanjut adalah tahap kedua dari tiga rangkaian sebelum fitur itu hadir di pasar. Artinya, Ford tinggal selangkah lagi menghadirkan fitur itu di mobil-mobil yang ada di pasaran.

Saat ini, Ford memiliki beberapa fitur ke arah otonomos. Misalnya, fitur pre-collision assist—dengan kemampuan mendeteksi pejalan kaki—yang telah diterapkan untuk model Mondeo di Eropa.

Fitur lain yang juga telah dihadirkan adalah active park assist (bantuan parkir), peringatan untuk lalu lalang kendaraan di belakang, hingga blind spot monitoring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com