Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jawaban Resmi Mitsubishi soal Kasus Kartel

Kompas.com - 29/05/2015, 07:03 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Kisruh pelarangan para diler untuk ikut ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 mencuat ke permukaan. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menerima pengaduan tentang dugaan adanya pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, Rabu (27/5/2015).

Pelapor menyebutkan bahwa ada petinggi merek mobil yang melakukan pelarangan diler yang akan ikut IIMS 2015. Disebutkan secara gamblang bahwa mereka hanya akan ikut pameran yang terafiliasi dengan Gaikindo, lalu secara tersirat melarang diler untuk mengikuti pameran tertentu.

Menanggapi hal ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia mengeluarkan pernyataan resminya. "Kami informasikan bahwa KTB tidak pernah memberikan pernyataan, secara langsung atau tidak kepada diler Mitsubishi maupun di media massa manapun, bahwa kami melarang dealer Mitsubishi untuk ikut berpartisipasi pada pameran otomotif IIMS 2015," tulis siaran pers yang dikeluarkan Departemen Humas KTB, Kamis (28/5/2015).

KTB juga mengaku memberikan izin dan tidak melarang setiap diler Mitsubishi untuk ikut pameran IIMS 2015. Asal, partisipasi dilakukan secara mandiri. "KTB sebagai anggota dari Gaikindo hanya akan berpartispasi pada satu pameran otomotif saja, yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, terkait dengan alokasi anggaran yang sudah direncanakan perusahaan kami," tulis pihak Mitsubishi lagi.

Berikut petikan pernyataan resmi Mitsubishi:

"Sehubungan dengan maraknya pemberitaan di media massa terkait dengan brand kendaraan bermotor yang kami ageni, Mitsubishi, atas dugaan adanya pelarangan dari pihak APM (Agen Pemegang Merek) Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kepada para Dealer Mitsubishi untuk berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, maka bersama ini kami informasikan bahwa KTB tidak pernah memberikan pernyataan, secara langsung/tidak langsung kepada Dealer Mitsubishi maupun di media massa manapun, bahwa kami melarang Dealer Mitsubishi untuk ikut berpartisipasi pada pameran otomotif IIMS 2015. KTB mengijinkan dan tidak berhak melarang setiap Dealer Mitsubishi untuk berpartisipasi pada pameran IIMS 2015 tersebut sepanjang hal itu dilakukan secara mandiri.

KTB sebagai anggota dari asosiasi kendaraan GAIKINDO, hanya akan berpartispasi pada satu pameran otomotif saja, yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, terkait dengan alokasi anggaran yang sudah direncanakan perusahaan kami.

Demikian pernyataan resmi ini disampaikan, semoga dapat memberikan penjelasan dan klarifikasi yang dibutuhkan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com