Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Jauh Mazda Tak Bikin Silau, Ini Rahasianya!

Kompas.com - 28/04/2015, 14:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mazda tak berhenti menciptakan teknologi yang simpel, namun sangat mendasr dan bermanfaat. Terbaru, penerapan Adaptive LED Headlamps (ALH), sistem yang dirancang untuk mencapai daya pandang ideal dan jelas saat malam hari layaknya berkendara di siang hari.

Sistem ini menggantikan High Beam Control (HBC) yang terdapat pada seri mazda6 sebelumnya, untuk dipasangkan di New Mazda6 dan New CX-5. Dari penjelasan Mazda, terdapat tiga komponen dalam ALH, yaitu:

1. Glare? Free High Beam, mendeteksi posisi kendaraan di depan maupun yang datang dari arah berlawanan. Cara kerjanya, mematikan beberapa bagian dari lampu multi-LED sesuai kebutuhan berdasarkan inofrmasi dari kamera di kaca depan. Alhasil, lampu jauh dapat dinyalakan terus tanpa menyilaukan pengendara lain. (lihat gambar)

Captured from YouTube Beberapa bilah LED dimatikan berdasarkan informasi dari kamera depan.

2. Wide? Range Low Beam, LED akan aktif di kedua sisi mobil dengan jangkauan lebar dan meningkatkan jarak penglihatan pada saat berbelok di persimpangan jalan pada malam hari. Terdapat bilah LED di bagian samping lampu depan yang akan menerangi bagian samping.

3. Highway Mode, lampu akan melebarkan jangkauan penglihatan pengendara dengan meninggikan poros cahaya pada saat kecepatan tinggi.

Detail dan cara kerja lengkapnya, simak video berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com