Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain dan Lampu All-New Vario Seruncing Acura NSX

Kompas.com - 15/01/2015, 11:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – All-New Honda Vario 150 dan 125 eSP tampil baru dengan sejumlah karakter desain. Ryosuke Sato, Large Project Leader Honda R&D Southeast Asia Co Ltd, dalam peluncuran di Jakarta (14/1/2014), mengatakan bahwa ada tiga elemen penting yang membuat skuter kelas atas ini beda dengan yang lain.

Elemen pertama dan paling berkarakter adalah ”Exeptional Design” yang diturunkan lagi menjadi desain meruncing, agresif, dan futuristik. Soal styling ini, Sato menunjukkan inspirasi desain diambil dari moge Honda serta pengaruh paling besar adalah mobil sport Honda, Acura NSX dengan lampu tajam LED yang futuristik.

”Kami berusaha memberikan sentuhan modern yang mudah dikenali. Desain runcing terinspirasi dari beberapa model kendaraan Honda, didukung dengan performa mesin dan fitur yang memadai sesuai tuntutan konsumen di kelas ini,” ujar Sato san.

Lampu depan pun didesain sedikit menukik ke bawah, terdiri dari dua bagian kanan-kiri. Lampu yang disebut dual keen eyes itu sebelumnya sudah diterapkan Honda untuk moge, seperti CBR250 terbaru. Bedanya, di All-New Vario, penampangnya lebih sipit.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Cahaya bening dari LED All-New Honda Vario.

LED

Secara terpisah, Sarwono Edhi, Analysis Senior Technical Training Development PT Astra Honda Motor mengatakan, lampu depan Vario baru punya keistimewaan. Menggunakan LED, diklaim tidak banyak mengonsumsi listrik dari aki.

Satu sisi lampu hanya butuh daya 2,62 Watt untuk low beam, atau tak sampai 5 Watt jika menyala dua-duanya. Bandingkan dengan Vario Techno 125 yang masih menggunakan dua bohlam dengan daya 25 watt untuk satu sisi saja.

”Efeknya, lebih hemat dan tahan lama. Kalau dipakai bertahun-tahun pun tidak ada kata putus. Namun untuk garansi, tetap mengacu pada garansi kelistrikan, yakni 1 tahun,” tegas Sarwono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com