Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan BMW Active Tourer

Kompas.com - 26/03/2015, 16:30 WIB
Wisnubrata

Penulis

JAKARTA, KompasOtomotif - BMW, pabrikan mobil asal Jerman, meluncurkan mobil terbarunya Kamis (26/3/2015). Active Tourer, nama mobil tersebut, berbeda dengan mobil-mobil lansiran BMW sebelumnya.

Selain merupakan mobil pertama BMW yang menggunakan penggerak roda depan, tampilannya juga tidak mirip seri-seri sebelumnya. KompasOtomotif berkesempatan melihat dari dekat mobil tersebut, beserta detail-detail interiornya.

DINO OKTAVIANO Tampilan interior BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO
Hal pertama yang menarik perhatian adalah ukuran kabin yang lebih luas dan terkesan lapang dibanding BMW X1 misalnya. Keunggulan itu memang dirancang BMW agar Active Tourer cocok digunakan untuk berbagai fungsi. Itulah sebabnya, Active Tourer memanfaatkan penggerak roda depan agar bisa mendapatkan ruang lebih luas.

Selain di kursi pengemudi, luasnya kabin juga terasa apabila kita duduk di kursi penumpang, di mana ruang untuk kaki terlihat lapang walaupun kursi depan dimundurkan penuh. Sementara jok berlapis kulit akan memunculkan kesan mewah.

DINO OKTAVIANO Tampilan interior BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO
Di bagian depan, Active Tourer memiliki panel-panel yang terpusat di bagaian tengah dan di depan kursi pengemudi. Layar di tengah menjadi pusat hiburan dan koneksi dalam mobil, dan terhubung dengan fasilitas audio, media sosial, telepon dan fungsi-fungsi lainnya. Pengoperasiannya dilakukan melalui tombol putar di samping tuas transmisi, sehingga mudah dijangkau pengemudi.

Kompas.com/Wisnubrata Dengan memasukkan iPhone ke dalam slot di bagian tengah BMW Active Tourer, kita bisa mengakses berbagai fitur di dalamnya melalui layar di tengah dashboard.
Di sebelah kanan pengemudi terdapat sandaran lengan yang bisa dibuka. Di dalamnya terdapat slot untuk iPhone. Dengan memasukkan iPhone ke dalam slot tersebut, kita bisa mengakses berbagai fitur di dalamnya melalui layar di tengah dashboard. Sebaliknya, data-data mobil seperti sisa bahan bakar dan lainnya juga bisa terbaca dalam layar iPhone.

Seperti kebanyakan mobil premium, Active Tourer dilengkapi berbagai sensor yang memungkinkan pengemudi mengetahui posisi dan jarak benda-benda lain di sekitar mobil. Hal ini memudahkan saat kita berada dalam antrean atau kemacetan, maupun saat hendak memarkir mobil. Indikator di layar akan menunjukkan seberapa dekat benda lain dari mobil.

DINO OKTAVIANO Tampilan ruang bagasi BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO
Di bagian belakang terdapat bagasi yang bisa menampung sepeda anak-anak dan beberapa tas besar. Bila kita memerlukan ruang yang lebih luas, tempat duduk tengah bisa dilipat dengan cukup sekali pencet tombol. Bagian bawah bagasi juga bisa dibuka untuk mendapat space yang lebih besar. Dashboard di depan pengemudi dan semua pintu terdapat cukup ruang penyimpanan barang. 

DINO OKTAVIANO Remote BMW Seri 2 Active Tourer difungsikan untuk membuka bagasi, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO
BMW Active Tourer merupakan mobil tanpa kunci alias keyless entry. Membuka dan mengunci pintu cukup dilakukan menggunakan remote. Begitu juga untuk membuka dan menutup kaca, serta membuka dan menutup pintu bagasi. Fasilitas ini cukup membantu mereka yang membawa barang namun harus membuka pintu bagasi. Cukup tekan tombol, pintu bagasi terbuka dan barang bawaan langsung bisa dimasukkan. Sementara untuk menghidupkan mesin, tersedia tombol Start, sehingga pengemudi tidak perlu memasukkan kunci.

DINO OKTAVIANO Tampilan ruang mesin BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015). Didesain untuk 5 penumpang, MPV berpenggerak roda depan pertama BMW itu rencananya akan segera diluncurkan untuk pasar Indonesia. KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO
Di depan, di balik gril khas BMW, terdapat mesin Twinpower Turbo 3 silinder yang diletakkan tepat di atas roda depan. Penempatan ini merupakan hasil rancangan untuk mendapatkan keseimbangan bobot keseluruhan kendaraan. Sedangkan kap mesin dan beberapa bagian lainnya dibuat dari aluminium untuk mengurangi bobot kendaraan.

Dalam majalah yang diterbitkan BMW, Active Tourer disebut sebagai "The Perfect Companion", mobil yang membuat hidup lebih menyenangkan dan perjalanan lebih nyaman. Memang, secara keseluruhan, Active Tourer dirasa cocok untuk berbagai kebutuhan, terutama sebagai mobil keluarga, dan bagi mereka yang aktif dan menikmati perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com