Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik BMW Mulai Dipercaya Polisi

Kompas.com - 17/03/2015, 13:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Barcelona, KompasOtomotif – Kepolisian Barcelona, Spanyol, menerima 30 unit BMW C Evolution Maxi Scooter untuk kendaraan dinas, belum lama ini. Deretan skuter bongsor itu dibeli secara fleet bertahap, demi mendukung kinerja kepolisian setempat yang semakin kompleks.

Ini menandakan bahwa BMW C Evolution mulai dipercaya sebagai kendaraan praktis untuk mendukung aktivitas di perkotaan. Performa mumpuni, perawatan mudah, plus tidak adanya biaya untuk bahan bakar membuat skuter ini sangat ideal dipakai tugas.

Momen ini juga menjadi tonggak bahwa kepolisian Barcelona mulai menggunakan kendaraan listrik untuk mendukung kinerja. Pertimbangan utama selain efisiensi adalah membantu kota-kota di Spanyol memerangi meningkatnya polusi udara, termasuk Madrid yang sudah melarang penggunaan kendaraan di beberapa area.

Autoevolution Sepeda motor ini dinilai ideal untuk memberi contoh masyarakat memerangi polusi udara.

Dilansir autoevolution (17/3/2015), BMW Motorrad akan terus memelihara hubungan baik dengan semua instansi yang membeli sepeda motor secara fleet. Dijelaskan, kerjasama tidak akan berhenti sampai di sini, akan ada beberapa model lagi bakal digelontor untuk polisi dalam waktu dan jumlah yang belum ditentukan.

Penggerak C Evolution berasal dari motor listrik dengan teknologi liquid-cooled permanent magnet synchronous yang menghasilkan tenaga sampai 15 tk (standar). Kendati demikian, bisa dinaikkan sampai 47 tk dengan torsi puncak 71 Nm. kemampuan tersebut sudah cukup untuk membuatnya ngacir hingga 120 kpj. Sedangkan sprint dari diam sampai 100 kpj hanya dalam 6,2 detik. BMW mengatakan, kemampuan tersebut sama dengan performa skuter 600cc.

Energi listrik diperoleh dari baterai lithium-ion 8kWh yang dikemas dalam kotak aluminium. Baterai besar yang diletakkan di sasis hanya butuh 4 jam pengisian sampai penuh, pakai listrik rumah bertegangan 220V dengan soket 12 Ampere. Kalau mau cepat, pakai soket 16 Ampere, cuma tiga jam. Dalam kondisi penuh, baterai bisa bertahan sampai 100 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com