Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil di Eropa Makin "Jauhi" Kematian

Kompas.com - 18/03/2015, 09:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Brussels, KompasOtomotif - Beragam standar keamanan wajib ditetapkan Uni Eropa untuk kendaraan, menjadikan mobil lebih aman untuk manusia. Kini, ada aturan baru yang mewajibkan seluruh mobil yang dijual di Eropa mengaplikasikan teknologi panggilan darurat, jika terjadi kecelakaan di jalan, berlaku mulai Maret 2018.

Jadi wakil rakyat dari Komite Perlindungan Pasar dan Konsumen Internal mengambil keputusan baru, dilansir Autonews, Selasa (17/3/2015) lalu, mengeluarkan mandatori teknologi eCall. Teknologi yang memungkinkan mobil memiliki sistem panggilan telepon ke 112 untuk meminta bantuan segera, dalam kondisi darurat.

Beberapa pabrikan mobil sebenarnya sudah melengkapi teknologi ini pada produk yang dipasarkan, misalnya fitur OnStar pada General Motors (GM). Sistem ini memberikan layanan darurat jika dibutuhkan, berlaku di Amerika Serikat dan Kanada.

GM Eropa mengaku segera mengeluarkan kelengkapan ini pada dua merek binaannya, Opel dan Vauxhall di 13 negara, termasuk Jerman, Inggris, Perancis, Italia, dan Spanyol, mulai Agustus 2015.

Melalui mandatori ini, maka seluruh mobil yang dipasarkan di 28 negara Uni Eropa wajib memenuhi persyaratan ini. Peraturan baru ini segera menjadi undang-undang baru setelah disahkan penuh oleh Parlemen Eropa, April mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com