Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Ford Bakal Pakai Serat Karbon

Kompas.com - 21/02/2015, 11:00 WIB
Detroit, KompasOtomotif - Ford menegaskan komitmennya untuk memproduksi kendaraan dengan bobot yang ringan di masa depan. Pabrikan asal Amerika Serikat (AS) ini baru saja mengumumkan kolaborasi baru untuk mengembangkan inovasi manufaktur serat karbon.

Ford menggandeng DowAksa untuk bekerja sama membuat Institute for Advanced Composites Manufacturing Innovation. Tujuan dari kolabarasi ini adalah untuk mengembangkan cara-cara yang bisa mengatasi tingginya biaya dan terbatasnya ketersediaan bahan serat karbon.

Ford dan DowAksa akan sama-sama mengembangkan proses manufaktur yang layak dengan menggunakan bahan baku yang ringan seperti serat karbon. Ini akan menggantikan bodi dari baja yang selama ini masih digunakan pada sebagian besar model Ford.

"Kesempatan ini dibangun berdasarkan perjanjian bersama Ford dengan Dow Chemical. Kerja sama ini mempercepat waktu kami untuk memperkenalkan komposit serat karbon ke dalam aplikasi volume produksi yang tinggi," jelas Ford Global Manager of Materials and Manufacturing Research, Jim DeVries, seperti dilansir Worldcarfans, Sabtu (21/2/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com