Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Setiap Jam Terjual 10.114 Unit Mobil

Kompas.com - 04/02/2015, 12:15 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Colorado, KompasOtomotif - Lembaga peneliti IHS Automotive memprediksi, total penjualan mobil baru di seluruh dunia sepanjang 2015 mencapai 88,6 juta unit. Artinya, setiap harinya akan terjual 242.739 unit mobil dan setiap jam ada 10.114 unit mobil yang dibeli konsumen.

Jika dibandingkan tahun lalu, pasar mobil global naik 2,4 persen, melanjutkan pulihnya pasar di beberapa kawasan utama setelah krisis ekonomi berkepanjangan. Namun, pelemahan dan ketidakpastian pasar masih terjadi di beberapa negara rawan konflik seperti Rusia dan Amerika Selatan.

IHS memprediksi total pasar di Amerika Utara akan naik 2,5 persen menjadi 20 juta unit tahun ini. Hal tersebut dipengaruhi terus menguatnya pasar di Amerika Serikat, yang menyumbang 16,9 juta unit. Beberapa riset lain yang dilakukan Morgan Stanley atau TruCar, memprediksi pasar AS akan mencapai 17 juta unit tahun ini selama harga bensin masih rendah, memperbesar kepercayaan diri, dan pembiayaan yang prima.

Pasar China

Dari China, penjualan mobil diperkirakan naik 7 persen menjadi 25,2 juta unit tahun ini. Akses yang lebih mudah pada kredit, jaringan pemasaran lebih luas, dan kebijakan pemerintah untuk mendaur ulang mobil usia tua jadi pemicunya.

Masih dari China, di segmen premium, penjualan juga menguat tahun ini, diperkirakan menembus figur 2 juta unit, naik 15 persen dari tahun lalu. Porsi penjualan SUV mencakup 28 persen pasar, beber Lin Huaibin, Manajer IHS Automotive China, dilansir Autoblog (3/2/2015).

Defisit pasar di Rusia diperkirakan masih akan mempengaruhi kondisi pasar di Eropa. Masalah nilai tukar uang yang rentan dan kondisi keamanan yang belum stabil dengan Ukraina. Penjualan di Rusia diprediksi turun 27 persen tahun ini menjadi 1,8 juta unit dari tahun lalu.

Pasar di Eropa barat akan naik 3 persen tahun ini, melanjutkan pemulihan pasar yang mulai terjadi di 2014. India relatif stabil dan baru mulai tumbuh dua tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com