Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Tabrak, Honda Jazz Raih Lima Bintang

Kompas.com - 03/02/2015, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Honda mengumumkan bahwa Fit model 2015, atau yang disebut juga Jazz di Indonesia mendapatkan rating lima bintang secara keseluruhan dalam tes tabrak yang diselenggarakan Lembaga Administrasi dan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA).

Perolehan lima bintang itu didapat saat didapati mobil mampu melindungi pengemudi dan penumpang dengan baik. Tumbukan dilakukan dari depan dan samping, sebagai simulasi tabrakan yang kerap terjadi di jalanan umum.

Dalam siaran resmi yang dirilis Honda (2/2/2014), faktor pendukung utama yang membuat Fit lulus uji adalah struktur bodi yang disebut Advance Compatibility Engineering (ACE) Body generasi terbaru yang membuat efek benturan mampu diserap ke seluruh bagian mobil (tidak terpusat).

”Model ini menunjukkan bahwa mobil kecil bukan berarti harus sempit, tidak nyaman dan aman. Fit mampu membuktikan dan itu adalah komitmen Honda untuk memberikan mobil yang aman untuk pengguna,” kata Art St. Cyr, Vice President American Honda Motor Co. Inc.

Tapi perlu diingat, Honda Fit yang dites di Amerika turun dengan ”kekuatan penuh”. Artinya, semua fitur keamanan dipasang pada mobil ini. Selain struktur bodi ACE dan rangka yang kuat, juga ada kantung udara samping, pencegah mobil terbalik (rollover sensor), hingga Adaptive Electric Power Steering.

Di kesempatan ini, Honda Amerika juga mengumumkan penghargaan yang sama diperoleh dari IIHS, meski mereka harus merevisi bagian bemper di ”menit akhir” untuk mendapatkan rating lima bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com