Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeep Wrangler Bermesin Lebih Efisien Sapa Indonesia

Kompas.com - 21/01/2015, 15:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - PT Garansindo Inter Global (Garansindo) mulai menjual Jeep Wrangler dengan kode sasis JK bermesin 3.0L V6 Pentastar. Tipe ini melengkapi varian mesin sebelumnya, yakni 3.6L V6 Pentastar.

Tipe mesin ini untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia yang menginginkan harga lebih murah dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Seperti diketahui, mesin bensin di bawah 3.000cc tidak terbebani PPnBM 125 persen. Alhasil, harga jual juga terpaut cukup jauh.

Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo, dalam peluncuran sekaligus test drive di Jeep Station Indonesia, Mega Mendung, Puncak, Bogor, Rabu (21/1/2014), mengatakan bahwa mesin 3.0L V6 Pentastar ini membuat Jeep Wrangler makin efisien dan kompetitif.

"Mesin dengan dimensi lebih kecil menjadikan Jeep Wrangler lebih lincah dan efisien untuk penggunaan dalam kota. Meski demikian, kapabilitas off-road khas Jeep tetap sangat baik dan itu bisa dibuktikan dalam tes," ujar pria yang akrab disapa Memet itu.

Mesin 3.0L V6 Pentastar memiliki sudut kemiringan 60 derajat, berfokus pada pengurangan suara berisik dan getaran. Diklaim, mesin ini lebih halus saat dioperasikan.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 230 tk pada 6.000 rpm, dengan torsi 285 Nm pada 4.400 rpm. Dalam pengembangannya, jantung ini telah disesuaikan dengan sistem transmisi dan gardan sehingga seluruh tenaga dapat tersalurkan ke setiap roda dengan baik.

Enam tipe disiapkan untuk Jeep Wrangler 2015 mesin 3.000cc, yakni Sport 2 dan 4 pintu, Rubicon 2 dan 4 pintu, Sahara 4 pintu, dan Sport Renegade 4 pintu.

Harga lebih murah antara Rp 150-200 juta dibandingkan tipe mesin 3.600cc, yakni berada di range Rp 790 juta hingga Rp 1 miliar. Semua harga masih berstatus off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com