Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Tertinggal di Eropa

Kompas.com - 05/01/2015, 11:15 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters

Paris, KompasOtomotif - Penjualan mobil di Perancis masih turun 7 persen (year on year) di Desember 2014. Kondisi ini bertolak belakang dibanding Spanyol yang melesat 21 persen, berkat skema insentif dan Italia yang juga naik 2 persen.

Menurut asosiasi industri otomotif Perancis (CCFA : Comité des Constructeurs Français d'Automobiles), kondisi pasar di bulan terakhir 2014 menunjukkan kalau Perancis memang tertinggal dari pemulihan ekonomi, khususnya dalam hal pasar otomotif. Total 2014, penjualan mobil baru naik 0,3 persen menjadi 1,8 juta unit, hasil positif yang dicatatkan Perancis sejak 2009.

Desember saja, pendaftaran mobil baru di negeri anggur tercatat hanya 163.382 unit, di mana PSA Peugeot-Citron anjlok 10 persen. Renault mencatat hasil lebih baik, hanya turun 0,8 persen, jelas CCFA.

Francois Roudier, juru bicara CCFA memprediksi, sepanjang 2015 pasar mobil baru akan jalan di tempat.

Penjualan

Di Spanyol, penjualan tercatat 73.440 unit di Desember, dan total 2014 mencapai 855.308 unit, naik 18 persen dari 2013, menurut asosiasi industri otomotif, Anfac. Pemerintah Spanyol dikabarkan akan memperpanjang skema insentif untuk pembelian mobil ramah lingkungan untuk tujuh kalinya berturut-turut, sejak awal November 2014.

"Pasar mobil berakhir tahun ini dengan pertumbuhan terbaiknya dalam 15 tahun terakhir, dengan rencana insentif berlanjut, artinya ada ekspansi hingga 16 bulan. Jika rencana insentif sampai akhir tahun, pendaftaran mobil baru bisa mendekati 1 juta unit," beber David Barrientos, Kepala Komunikasi Anfac.

Di Italia, pasar terbesar keempat di Eropa, penjualan mobil naik 2 persen di Desember, tercatat 91.518 unit. Menteri Perhubungan menyatakan, sepanjang 2014, penjualan mobil naik 4 persen menjadi 1,36 juta unit.

Meskipun lonjakan sudah mulai terjadi sejak enam tahun terakhir, para pelaku industri otomotif di Italia masih hati-hati. "Banyak hal di bawah masih perlu diperbaiki menjadi pasar normal lagi," tulis Centro Studi Promotor, lembaga peneliti otomotif di Italia.

Tahun ini, penjualan mobil baru diprediksi naik 5 persen, didorong oleh siklus pergantian kendaraan tahunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com