Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 7 Finalis Mobil Terbaik Eropa

Kompas.com - 16/12/2014, 11:28 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Geneva, KompasOtomotif - Dewan juri ajang European Car of the Year atau Mobil Terbaik Eropa mengumumkan tujuh finalis yang tersaring dari puluhan kandidat. Dari jumlah tersebut akan dipilih satu terbaik dan diumumkan di ajang Geneva Motor Show 2015, Maret mendatang.

Sebelumnya, Juli silam, dewan juri sudah memilih 33 kandidat untuk bersaing masuk tujuh besar. 33 mobil ini dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, seperti sudah resmi diluncurkan secara global dan juga dipasarkan.

Tahun ini mobil yang masuk final adalah BMW 2-Series Active Tourer, Citroen C4 Cactus, Ford Mondeo, Mercedes-Benz C-Class, Nissan Qashqai, Renault Twingo, dan Volkswagen Passat.

Tidak terlalu mengejutkan, mengingat ajang pemilihan mobil terbaik hingga sebagain besar finalis berasal dari pabrikan benua Biru. Hanya Ford Mondeo yang mewakili produsen asal Amerika Serikat.

Sementara dari tanah Jepang diwakili Nissan Qashqai. Toyota, Honda, Suzuki, atau Mitsubishi tidak masuk dalam kategori tujuh besar.

Saat ini, 58 juri yang berasal dari jurnalis spesialis otomotif akan bekerja keras untuk memilih siapa yang terbaik. Tahun lalu, Peugeot 308 sukses membawa pulang trofi, sementara tahun sebelumnya direbut oleh generasi ketujuh Volkswagen Golf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com