Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bajaj Listrik Solusi Transportasi Murah dan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 28/12/2014, 11:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Manufaktur kendaraan listrik Terra Motors asal Jepang mengumumkan akan melepas kendaraan tiga roda terbaru R6 untuk pasar India pada awal 2015. Model dengan desain mirip rickshaw atau yang lebih dikenal dengan sebutan bajaj di Indonesia ini diklaim mampu bergerak sejauh 100 km sekali menghabiskan baterai terisi penuh.

Bajaj menjadi salah salah satu alat transportasi penting di India sebab dinilai murah dan ringkas. Bajaj yang memanfaatkan energi listrik menjadi alternatif angkutan umum, solusi mengatasi pemakaian bahan bakar, sekaligus ramah lingkungan.

Dimensi R6 cukup besar, panjang 2.950mm, lebar 1.090mm, dan tinggi, 1.800mm. R6 sanggup membawa tujuh penumpang (termasuk sopir) dengan asumsi satu orang seberat 70 kg. Bila tidak mengangkut penumpang, tersedia ruang kargo besar yang sanggup mengangkat barang hingga 490 kg.

Dilengkapi unit baterai 48V 100 Ah yang menyalurkan tenaga langsung ke ketiga roda, mampu mendaki di sudut kemiringan 10 derajat dan bisa dipacu hingga 30 kpj (dibatasi). Diberitakan Zigwheels, Rabu (24/12/2014), CEO Terra Motors Toru Tokushige mengatakan, berbeda dari Bajaj asal China yang tidak membutuhkan homologasi, R6 telah menjalani serangkaian tes di India di bawah regulasi resmi.

Bajaj listrik R6 akan dipasarkan awal 2015, Terra Motors menargetkan penjualan hingga 10.000 unit di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com