Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari Beijing, China

Generasi Baru Ranger Tak Pakai Basis All-New Everest

Kompas.com - 14/11/2014, 10:40 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Peluncuran All-New Ford Everest secara global di Beijing, China mengundang pertanyaan terkait produk Ford lain pada segmen pikap kabin ganda yaitu Ranger. Apakah generasi terbaru Ranger nantinya akan menggunakan basis yang sama atau minimal berdesain mirip dengan All-New Everest?

Direktur SUV dan Kendaraan Komersial Ford Asia Pasific Richard Tilly menjelaskan, Ford Motor Company punya cara berbeda dalam mengembangkan modelnya. Everest masuk dalam segmen SUV yang ternyata berbeda penanganan dengan model komersialnya seperti Ranger.

"Ranger berbeda dengan Everest, jadi nantinya pengembangan generasi terbaru Ranger tidak akan menggunakan basis dari Everest karena SUV tidak sama dengan mobil komersial," jelas Richard Tilly di Beijing, Kamis (13/11/2014).

Generasi ketiga dari Everest ini punya konfigurasi body on frame dengan desain khas terbaru Ford yang menunjukan Everest sebagai anggota baru dari keluarga One Ford. Secara keseluruhan penampilan SUV 7-penumpang ini berbeda dengan pendahulunya yang terkesan boxy.

All-New Everest juga memiliki tiga varian mesin yang salah satunya mengusung teknologi EcoBoost dengan kapasitas 2,0 liter. Dua model lainnya menggunakan mesin bensin Duratorq berkapasitas 2,2 liter empat silinder dan 3,2 liter lima silinder.

Penggunaan All-New Everest lebih kepada konsumen yang mencari SUV 7-penumpang dengan kemampuan off-road dan juga nyaman dipakai di dalam kota. Sementara karakter konsumen Ford Ranger lebih menyasar kepada kendaraan operasional perkebunan atau pertambangan dengan juga memiliki kemampuan lebih di medan berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com