Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Ford Everest Meluncur Bulan Ini

Kompas.com - 03/11/2014, 13:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Manila, KompasOtomotif - Menurut sumber terpercaya di divisi Pengembangan Ford Global, generasi terbaru Everest akan meluncur pada 14 November 2014, meski masih tentatif. Diberitakan situs lokal Filipina, Autoindustriya, pekan lalu, Ford akan memaparkan baik interior maupun eksterior dari versi produksi SUV menengah itu.

Sama seperti sebelumnya, generasi terbaru Ford Everest diproduksi menggunakan platform sama dengan Ranger. Nantinya akan hadir dua pilihan sistem penggerak, yakni penggerak roda dua (4x2) dan empat roda (4x4).

Sumber itu menjelaskan, Everest dibekali dengan dua pilihan mesin, yakni 2,2 liter DOHC 16-valve, 4-silinder segaris TDCI dan 3,2 liter DOHC, 20-valve, lima silinder segaris TDCI. Kedua mesin diesel turbo ini diklaim akan mendapatkan peningkatan kemampuan dari versi sebelumnya yang diluncurkan Ford pada 2011.

Belum ada pernyataan tambahan berapa tenaga yang dihasilkan kedua mesin ini nantinya. Tetapi, kalau pada mesin sebelumnya dengan kapasitas sama 2,2 liter dan 3,2 liter menghasilkan tenaga hingga 150 PS dan 200 PS.

Interior Everest dijelaskan punya benang merah desain sama dengan pikap F-150 yang dipasarkan di Amerika Serikat. Selain itu, juga sudah dilengkapi teknologi sistem infotainment seperti SYNC 2 dipadu dengan layar sentuh berukuran 8 inchi. Ford mengklaim kalau SYNC 2 punya kemampuan lebih baik dari versi sebelumnya, termasuk dalam intuisi pengenalan perintah suara.

"Ketika kami meluncurkan Ranger, seberapa jauh langkah ke depan yang dihasilkan? Tidak ada gunanya melakukan sesuatu jika kamu tidak benar-benar berniat melakukannya," jelas sumber itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com