Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Siapkan Varian Baru Bertenaga 1.000 tk Lebih

Kompas.com - 13/11/2014, 15:45 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Abu Dhabi, KompasOtomotif - Ferrari akan menggunakan ajang World Finals di Abu Dhabi yang dihelat awal Desember 2014 untuk melepas varian baru LaFerrari XX. Mobil sport berteknologi hibrida ini kabarnya akan memiliki tenaga hingga 1.050 tk dan khusus untuk lintasan balap saja.

Dilansir Top Gear (11/11/2014), LaFerrari XX menjadi mobil sport paling bertenaga yang pernah diproduksi Ferrari, tenaganya lebih besar 100 tk dari versi reguler jalan raya. Artinya, tenaga ini lebih besar 50 persen dari mobil F1 lansiran 2014.

Rumorsnya, LaFerrari akan dibekali mesin F1, V6, turbo. Tapi, kabarnya mobil ini tetap menggunakan mesin yang sama dengan versi reguler, yakni V12 ditambah motor listrik. Diklaim kolaborasi tersebut menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar. Daya lebih besar diperoleh dari mesin konvensional, sedangkan motor listrik sepertinya masih tetap sama menghasilkan 161 tk seperti sebelumnya.

Sekedar membayangkan seberapa brutal varian XX ini, bisa dibandingkan dengan versi yang sudah ada sekarang. LaFerrari yang sudah dijual sekarang ini mampu dikebut 0-62 mph (99.7 kpj) dalam 2,9 detik dan mencapai kecepatan 124 mph (199,5 kpj) dalam 7 detik.

LaFerrari XX akan mengikuti ajang Ferrari Corse Clienti di 8 seri di seluruh dunia. Sama seperti FXX, LaFerrari XX, akan diproduksi di Maranello. "Kami tidak mau barang tersebut hanya menjadi koleksi. Kami mau mereka untuk dikemudikan," ujar sumber internal perusahaan kepada Top Gear.

Sebelumnya, Enzo FXX hanya diproduksi Ferrari sebanyak 30 unit saja. Sepertinya, jumlah produksi LaFerrari XX tidak akan jauh berbeda dari Enzo, tidak tahu berapa unit, tetapi yang pasti terbatas.

Soal harga, belum ada keputusan pasti. Tapi, sumber dalam Ferrari mengestimasi bisa berkisar 2 juta pound (Rp 38,48 miliar), sama seperti McLaren P1 GTR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com