Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Siapkan Penjegal Juke dan HR-V

Kompas.com - 13/11/2014, 14:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – Volkswagen memberikan indikasi bahwa akan lahir SUV kompak di bawah Tiguan, tapi lebih besar dari Taigun. Spekulasi tersebut dipublikasikan majalah Car di Inggris (12/11/2014), yang juga mengatakan bahwa model ini akan dirilis pada 2018.

SUV baru dari VW itu disebut bakal dibangun di atas platform VW Golf MK8. Artinya, dari ukuran, kompetitor langsung di pasar adalah Nissan Juke atau Honda HR-V. Faktanya, VW sudah pernah menunjukkan konsep T-Roc di Geneva Motor Show 2014 yang juga dibangun dari platform Golf.

Publikasi Car juga menyatakan bahwa nantinya, SUV ini bukan sebagai off-roader sesungguhnya, melainkan sebagai kendaraan perkotaan yang sesekali bisa diajak sedikit berpetualangan, seperti tren dunia saat ini.

Tentu, seperti halnya HR-V yang dibangun dari Jazz, beberapa fitur dan kelengkapan akan menyesuaikan kegunaan sebagai mobil serbabisa. Termasuk di antaranya sistem 4motion AWD khas VW, ban lebih besar, proteksi underbody, roof rail, fitur-fitur yang berguna di tanjakan, hingga kapasitas tangki bahan bakar lebih banyak.

Jika memang mengacu pada konsep T-Roc, SUV akan punya panjang 4,1 meter. Mesin masih belum bisa ditebak, namun VW sudah punya jantung pacu hebat seperti TSI dan TDI (diesel). Car juga menyatakan, model ini juga akan dibekali mesin hibrida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com