Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Ford New Fiesta: Smart Hatchback Gaya Anak Muda Banget!

Kompas.com - 11/11/2014, 15:30 WIB
advertorial

Penulis

-
-

Sosok atau penampilannya yang dinamis dan sporty dengan filosofi “Kinetic Design”, membuat para profesional muda urban mendambakan Ford New Fiesta sebagai mobil kebanggaan dan aktivitas harian, sekaligus untuk aktualisasi diri! Tampil beda dengan kepribadian dinamis! Nah, bagaimana kalau mereka diberi kesempatan lebih dekat lagi, merasakan “pangkuan” smart hatchback subkompak ini? Tidak sekadar masuk melihat dan menikmati interior dengan desain bergaya modern dan kotemporer, tetapi juga diberi kesempatan “mengencani” (mengemudikan) salah satu model Ford ini?

Sebagian besar dari mereka tidak hanya kagum, juga langsung jatuh cinta! Hatinya juga goyah! Kendati sudah lama akrab dan setiap hari selalu bersama dengan merek lain, namun setelah memperoleh “sambutan” dan sentuhan hangat dari Ford New Fiesta, muncul rasa penasaran. Mobil ini ternyata punya banyak sekali kelebihan. Saya sangat suka dengan desain interiornya,” jelas Selly, seorang wanita muda, dengan jabatan marketing supervisor pada satu perusahaan besar di Jakarta. Komentar tersebut muncul setelah Kompas.com memberi kesempatan kepada Selly, tidak hanya melihat interior Ford New Fiesta 1.5L Sport dengan transmisi otomatik, juga mengendarainya menyusuri jalanan Jakarta yang macet di sore hari.

Audio

Begitu masuk ke interior dan diminta duduk di jok pengemudi, Selly langsung berkomentar menyatakan rasa sukanya pada desain dasbor tengah, terdapat layar monitor dengan berbagai tombol di bawahnya. Ya, Ford New Fiesta tampil dengan desain interior berbeda. Selly sudah tahu, smart hatchback sukbompak Ford dilengkapi dengan Ford SYNCtm untuk audio dengan Voice Command, pertama di segmennya.

Melihat sistem audio, Selly langsung mencoba kualitas suara yang dihasilkan. Cukup dengan memilih salah satu stasiun radio “FM” Jakarta dengan suara stereo. “Anak muda banget. Mantap,” tegasnya ketika mendengar dentuman bas dari musik yang direproduksi dan dikeluarkan oleh speaker New Ford Fiesta. Ia berusaha memperbesar volume sehingga suara musik hampir mirip seperti di “club”, sangat memanjakan bagi para penggemar musik.

Tak hanya Selly yang kagum dengan kehebatan kualitas audio New Fiesta. Rekan pria di sampingnya, Yulindo, juga mengakui. Speaker yang berada di bagian atas pintu samping dan kabin yang kedap, membuat suara yang dihasilkan audio bisa dinikmati dengan otpimal. Detil dan kualitas suara setiap alat musik bisa dinikmati dengan baik. Padahal saat dicoba, kondisi jalan sangat berisik. Sore itu, jalanan dipenuhi oleh “konvoi” sepeda motor dan mobil para komuter Jakarta yang sedang berebut jalan pula ke rumah. Suara musik yang mantap dari New Ford Fiesta ternyata bisa mengubah suasana menjadi lebih santai saat menghadapi lalu lintas “padat merayap “ tersebut. 

Nyaman dan Responsif

Gerakan setir yang ringan karena Electric Power Assist Steering/EPAS) membuat Selly makin betah mengemudikan Ford New Fiesta di tengah kemacetan. Ford merancang EPAS, saat mobil bergerak lambat atau parkir, tenaga pengemudi untuk memutar tidak perlu besar. Tepatnya, tenaga yang lebih besar berasal dari motor listrik. Namun bila mobil melaju lebih cepat, tenaga dari motor listrik memutar setir dikurangi atau pengemudi harus menggerahkan tenaga lebih besar lagi. Tujuannya, keamanan. Dengan cara ini, saat melaju pada kecepatan tinggi, pengemudi masih bisa ”merasakan” kontak antara setir dengan permukaan jalan atau mengontrol mobil dengan baik. Inilah salah satu faktor keamanan disertakan pada Ford New Fiesta, di samping lain, misalnya airbag, sabuk keselamatan bahkan struktur bodi yang dibuat dari baja boron.

Selly semakin kagum, saat Ford New Fiesta yang dicobanya melintas dua jalur rel kereta api. “Bantingannya bagus. Sangat nyaman,” lanjutnya. Di saat ada kesempatan untuk melaju lebih kencang, Selly menekan pedal gas lebih dalam. “Beda dengan otomatik pada mobil saya. Ini lebih responsif. Terasa banget,” cetusnya.

Saat itu Selly mengemudi dengan posisi gigi “D”. Kalau tongkat transmisi otomatik “PowerShift” ini digeser ke posisi “S”, dipastikan akan lebih responsif. Syaratnya, pengemudi harus siap memindahkan gigi sesuai dengan kecepatan mobil hanya dengan menekan tombol di samping tongkat transmisi. Ingin tenaga atau mengemudi lebih irit, bisa dilakukan dengan cara ini (hanya gigi dipindahkan secara manual).

Stabilitas

Lain lagi dengan pengalaman Yulindo. Ia diberi kesempatan mencoba Ford New Fiesta ini di jalan tol, Pondok Indah- Serpong. Ia tidak hanya menguji kenyamanan, juga stabilitas saat dikebut pada kecepatan tinggi dan membelok. Yulindo sangat terkesan dan langsung membandingkan dengan mobil yang pernah digunakan di segmen yang sama (hatchback subkompak). “Untuk stabilitas Ford New Fiesta jauh lebih mantap! Lebih stabil. Rasa percaya diri bertambah,” ungkap pria muda ini. Ia pun sangat terkesan dan berpikir, pilihan berikutnya adalah Ford New Fiesta!

Semua yang dirasakan Selly dan Yulindo, hanya sebagian dari fitur dan kelengkapan pada Ford New Fiesta. Masih banyak lagi yang belum sempat dieksplorasi. Antara lain Ford Sync Audio dan Voice Command. Fitur atau fasilitas yang memudahkan pengemudi berkomunikasi dari dan ke luar mobil pada berbagai situasi, baik saat jalan padat-merayap maup ketika bermanuver atau berbalik arah. Hebatnya lagi, tanpa harus melanggar undang-undang lalu lintas atau mengancam keselamatan pengemudi dan pemakai jalan. Dengan Ford SYNCtm smartphone milik pengemudi yang telah disinkronkan ke sistem audio New Fiesta melalui Bluetooth, membuat proses komunikasi  pengemudi semakin mudah dan praktis.

Perintah Suara

Untuk menelpon, tinggal panggil nama! Bahkan, bila ingin memilih satu lagi, juga tinggal sebut. Caranya, mengaktifkan Ford SYNCtm dan Voice Command yang ada lingkaran setir (ditekan melalu jari di tangan kiri).  Begitu, saat menerima panggilan tepon dan pesan singkat (SMS). Semua menjadi mudah!

Masih banyak lagi, kelengkapan atau fitur New Fiesta yang sangat membantu atau meringankan kerja pengemudi. Termasuk pengemudi wanita. Salah satunya adalah “Hill Launch Assist” (hanya tersedia pada transmisi otomatis). Dengan teknologi ini, pengemudi tidak perlu lagi khawatir saat berhenti di tanjakan dengan kemiringan cukup besar. Misalnya, menuju tempat parkir bertingkat, di mal, atau menjelang bagian tertinggi dari “flyover” setelah melewati “underpass”! HLA menjaga atau mencegah mobil mundur ketika pedal rem dan jrem tangan dilepas. Pengemudi, bisa memindahkan kaki secara santai dari pedal rem ke pedal gas.

Untuk keamanan yang bekerja secara aktif, New Ford Fiesta dilengkapi pula Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Stability Control (ESC) yang sangat membantu pada kondisi darurat. Ford juga melengkapi New Ford Fiesta dengan berbagai teknologi yang tidak ada di mobil sekelasnya. Hebatnya lagi, teknologi ini, selain membuat kerja pengemudi lebih praktis, juga mengundang kagum. Contohnya, dengan keyless, untuk menghidupkan dan mematikan mesin, dilakukan melalui tombol. Juga tersedia “wiper” dengan “rain sensor”, lampu depan yang hidup secara otomatis (berdasarkan intensitas cahaya), Ford EcoMode, puddle lamp, auto dimming (pencahayaan di interior), setir yang bisa disetel (tilt steering), sensor mundur (rear parking sensor) dengan tayangkan gambar jarak monitor plus suara “beep”.

Banyak kelebihan yang dimiliki Ford New Fiesta sangat membantu kerja para profesional muda saat mengemudi. kunjungi dealer Ford terdekat dan luangkan waktu untuk mencoba Ford New Fiesta. (adv)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com