Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lulus Uji Tabrak, Ini Reaksi Datsun India

Kompas.com - 05/11/2014, 19:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif– Setelah mendapat laporan dari Global NCAP atas gagalnya uji tabrak untuk Datsun Go dan Suzuki Swift produksi India [Baca: Suzuki Swift dan Datsun Go Produk India tak Lulus Uji], produsen pun mulai memberi respon. Dilaporkan indianautosblog (4/11/2014), Nissan India sebagai produsen Datsun Go mulai memberikan reaksi dengan pernyataan resmi.

Presiden Nissan India Operation, Guillaume Sicard, mengatakan bahwa Go sudah memenuhi regulasi kendaraan di India. Bahkan disebutkan, untuk varian paling top juga tidak dilengkapi dengan ABS atau kantung udara. Setelah laporan Global NCAP ini, kemungkinan perusahaan akan menawarkan kantung udara pada mobil murah itu.

Sekjen Global NCAP, David Ward, dalam siaran resminya menyatakan bahwa struktur bodi Go sangat lemah, meski nanti akan ditambah dengan kantung udara. ”Sangat mengecewakan perusahaan global seperti Nissan memproduksi mobil yang tak sesuai standar UN (United Nations) dan meluncurkan model ini pada 2014,” ujarnya dalam siaran pers.

Di lain sisi, Global NCAP sangat terbuka mengundang India untuk mendirikan NCAP sendiri yang mengacu pada standar keamanan global mulai 2016. Nissan India dalam pernyataan tambahan mengatakan bahwa perusahaan akan mempertimbangkan untuk menaikkan standar keamanan kendaraan.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Maruti Suzuki sebagai produsen Suzuki Swift di India belum memberikan keterangan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com