Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Swift dan Datsun Go Produk India tak Lulus Uji

Kompas.com - 05/11/2014, 09:26 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Suzuki Swift dan Datsun Go hatchback produksi India gagal dalam uji tabrak Global New Car Assessment Program (Global NCAP). Berdasarkan hasil uji, kedua model tersebut mendapatkan nol bintang.

Hasil pengujuan Global NCAP yang dilakukan di Jerman ini mengindikasikan seberapa aman mobil di jalanan dan sewaktu mengalami kecelakaan. Sebenarnya mobil yang diuji sudah mendapatkan 0 bintang sebelum pengetesan, sebab tidak punya kantong udara dan ABS sebagai kelengkapan standar.

Dalam video menunjukkan kedua model tidak bisa melindungi pengendara dan penumpang setelah menabrak pada kecepatan 64 kpj. Global NCAP mengatakan cangkang bodi tidak stabil dan penumpang depan mengalami cedera fatal pada bagian kepala, dada, dan kaki.

Bahkan dikatakan, meski Datsun Go punya kantong udara tidak akan membuat perbedaan signifikan karena struktur mobil sudah gagal melindungi. Kendati demikian mobil ini mendapatkan dua bintang untuk perlindungan anak-anak sebab memiliki Child Restraint System.

Global NCAP bertujuan untuk mengingatkan kepada konsumen tentang keamanan mobil dalam skala global. Seringkali manufaktur mengatakan mereka tidak menyematkan peralatan keamanan karena kurang diminati konsumen atau tidak ada peraturan yang mewajibkan.

Video uji tabrak Suzuki Swift dan Datsun Go.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com