Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Aman Bawa Binatang Saat Berkendara

Kompas.com - 24/10/2014, 16:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Program Driving Skills for Life (DSFL) yang rutin diselenggarakan Ford Motor Indonesia (FMI) kali ini dibuat berkaitan dengan Hari Hewan Sedunia. Kali ini, FMI memberikan beberapa pelatihan kepada pengendara yang ingin mengajak hewan peliharaan saat berkendara.

Dalam sesi khusus DSFL yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, (11/10/2014), FMI membagikan tips keselamatan berkendara ketika membawa serta hewan peliharaan. Tujuannya tentu untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang keselamatan baik pengemudi, penumpang dan juga hewan peliharaan di dalam mobil.

FMI juga mengundang tim K9 Indonesia untuk membantu memberikan pengetahuan tambahan kepada para peserta, tentang bagaimana cara melatih dan mengerti karakteristik binatang peliharaan.

"Kami sangat bersemangat dalam melaksanakan sesi DFSL khusus ini; sesi ini memberikan pengetahuan berbeda tentang berkendara dengan aman, ditambah dengan tips keselamatan perjalanan ketika membawa hewan peliharaan. Sesi ini memberikan wawasan kepada peserta mengenai pengetahuan dan pengalaman langsung yang berharga, berupa tips keselamatan berkendara untuk pengemudi dan hewan peliharaannya," kata Lea Indra, Communications Director Ford Motor Indonesia dalam siaran persnya yang diterima KompasOtomotif, Jumat (24/10/2014).
 
Berikut tips berkendara aman bersama hewan peliharaan:
1. Menjauhkan hewan peliharaan dari kokpit dan pangkuan Anda selama perjalanan.
2. Menempatkan hewan peliharaan  di dalam kandang dengan ventilasi baik atau dengan menggunakan sabuk keselamatan khusus  yang dipasang dengan benar di tali badan (harness).
3.  Melatih hewan peliharaan untuk menyukai perjalanan di mobil dengan menciptakan suasana positif saat berkendara.
4. Tidak meninggalkan hewan peliharaan  di dalam mobil, namun jika Anda harus meninggalkan mereka, pastikan untuk tidak pergi terlalu lama. Pastikan untuk menyediakan ventilasi dan air minum yang cukup untuk menjaga mereka tetap terhidrasi;
5. Memberikan makanan kepada hewan peliharaan beberapa jam sebelum berkendara.
6. Menciptakan lingkungan yang familiar untuk hewan peliharaan Anda dengan membawa mainan kesukaannya dan semua perlengkapan lainnya saat berkendara.
7. Jangan lupa untuk membawa makanan ringan terutama untuk perjalanan panjang, dan pastikan Anda berhenti secara berkala untuk memberikan hewan peliharaan Anda kesempatan untuk makan, minum, dan buang air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com