Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daimler Sanggah Pembelian Aston Martin

Kompas.com - 06/10/2014, 20:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Bos Daimler AG Dieter Zetsche akhirnya angkat bicara terkait isu pembelian Aston Martin. Akhir pekan lalu di Paris Motor Show ia mengungkapkan kepada Autocar, tidak ada rencana meningkatkan kepemilikan saham Daimler di pabrikan asal Italia itu lebih dari lima persen, yang didapat dari kerja sama dengan Mercedes-Benz AMG.

“Kemungkinan Aston tidak berkeinginan bergabung dengan korporat besar, karena akan berisiko. Tidak ada rencana untuk meningkatkan saham kami untuk mengambil alih,” ujar Zetsche.

Menurut Zetsche, performa Aston Martin tak sejalan dengan Daimler. “Aston hanya 4.000 unit per tahun jadi ada bahaya untuk kami bila inti bisnis kami terganggu. Perjanjian (bersama Mercedes-Benz) sempurna untuk kedua merek, sebab tetap membuat Aston independen tapi juga mendapatkan keuntungan dari teknologi luar,” terang Zetsche.

Sebelumnya rencana Daimler merangkul Aston Martin lebih erat semakin mengudara setelah mantan salah satu eksekutif Nissan Andy Palmer kini menakhodai Aston Martin pada pertengahan September.

“Saya menyesal Andy Palmer meninggalkan Nissan sebab ia sangat positif bekerja dengan kami, namun saya menyambut kepindahannya ke Aston dan berharap ada kerja sama lagi di masa depan,” kata Zetsche menanggapi kedatangan Palmer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com