Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raungan Mustang EcoBoost Ternyata Palsu

Kompas.com - 01/10/2014, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Mesin 2.3L pada Ford Mustang 2015 berteknologi EcoBoost bisa jadi membuka tren baru muscle car dengan konfigurasi 4-silinder. Namun hal itu punya satu ganjalan seperti yang berhasil diungkap Editor Road & Track Jason Cammisa. Ia menyingkap bahwa suara garang raungan mesin EcoBoost di Mustang ternyata berasal dari speaker.

Hal ini tersibak setelah Cammisa mencabut salah satu sekering saat menguji Ford Mustang EcoBoost. Hasilnya, suara mesin jadi lebih kalem. Indikasi yang timbul, terdapat sistem audio dalam mobil yang bisa mengeluarkan suara buatan. Fitur ini tak pernah dipublikasikan secara luas oleh Ford.

Mesin EcoBoost pada Mustang punya kelebihan bertenaga besar namun tetap bersih dan irit. Namun kekurangannya, suara asli mesin tak seperti keluarga Mustang lain. Menggunakan speaker sebagai alat bantu bisa jadi mengejutkan, bahkan mungkin mengecewakan.

Tahun lalu, Chief Mustang Engineer Dave Perciak memang pernah mengatakan suara mesin akan diperbesar menggunakan sistem audio. Jawaban ini dikemukakan setelah jurnalis bertanya apakah suara mesin EcoBoost pantas seperti Mustang.

“Dengan mesin EcoBoost kita akan menggunakan active noise cancellation sekaligus memperkuat suara mesin yang sudah ada. Kami tidak menciptakan suara buatan, kami mengolah suara asli, memprosesnya dan memutar lewat speaker mobil. Suara mesin V6 sangat fantastis, meskipun suara EcoBoost tidak akan seperti V8, raungan mesin EcoBoost bukan berarti tidak pantas untuk Mustang,” ujar Perciak tahun lalu seperti diberitakan TechTimes, Minggu (28/9/2014).

Dijelaskan, sekelompok penggemar Mustang dikumpulkan untuk dimintai pendapat untuk mencari suara asli Mustang 2015. Mustang EcoBoost bukan satu-satunya model Ford yang memakai “suara buatan”, sebelumnya Mustang Boss 302 juga mengaplikasikan hal serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com