Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Moge Banyak yang Kredit

Kompas.com - 15/09/2014, 10:40 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sistem pembayaran kredit untuk pembelian kendaraan, baik roda empat atau roda dua, memang memudahkan konsumen. Tidak hanya profil pembeli menengah yang memanfaatkan pembayaran kredit, tapi banyak pembeli moge yang juga memilih pembayaran dengan sistem angsuran.

Seperti dijelaskan Edi Suyitno, Managing Director PT Oto Multiartha, setidaknya perkembangan kredit untuk para pembeli motor besar ini sudah berkembang dalam tiga tahun terakhir. Oto memang melayani pembelian semua jenis motor sport dan moge, baik dari model Kawasaki sampai Harley-Davidson.

"Semua pembelian jenis motor besar dan sport kami layani, karena bunganya mirip dengan mobil, harga motor-motor seperti ini memang sama dengan mobil. Sudah tiga tahun ini atau sejak 2011, banyak konsumen moge yang memilih pembayaran kredit," jelas Edi saat berbincang dengan KompasOtomotif, pada acara peluncuran model Indian Motorcycles, Minggu (14/9/2014) di Jakarta.

Edi melanjutkan, pasar motor besar memang tidak sebesar mobil atau sepeda motor pada umumnya. Konsumen yang biasa ditangani oleh Oto Multiartha juga kebanyakan konsumen loyal, yang sebelumnya sudah pernah menggunakan leasing ini.

"Moge memang kecil, paling tidak setiap bulannya hanya 30 sampai 40 unit, dibandingkan mobil yang mencapai 12.000 unit per bulan. Tapi dalam setahun, pembeli moge yang kredit di kami bisa mencapai 300-an konsumen, ini angka yang lumayan karena moge adalah pasar yang cukup sulit. Kami juga memberikan kemudahan dengan tenor yang panjang, bisa sampai di empat atau lima tahun," papar pria penggemar touring dengan motor besar ini.

Indian Motorcycles
Oto Multiartha juga sudah bekerja sama dengan pendatang baru asal Amerika Serikat, Indian Motorcycles, yang berada di bawah bendera PT Arya Motor Indonesia, selaku agen tunggal pemegang merek.

Edi memprediksi, Indian Motorcycles bakal berkembang di Tanah Air, karena punya nama besar sebagai motor pertama asal Amerika Serikat. Selain itu, komunitas moge klasik di Indonesia sudah terbentuk, dan pasti mengenal Indian. "Pasar Indian Motorcycles akan terbentuk dengan sendirinya. Kalau real bikers pasti tahu motor ini," tambah Edi.

Oto menawarkan program cicilan Indian Motorcycles dengan kemudahan kredit. Sebagai contoh, bila konsumen tertarik membawa pulang Chief Classic yang ditawarkan dengan harga Rp 799,7 juta, Oto membuka kredit dengan uang muka paling rendah Rp 282,9 jutaan dan tenor 59 kali pembayaran sebesar Rp 15,8 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com