Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Murah Malaysia Pakai "Jeroan" dari Indonesia

Kompas.com - 11/08/2014, 18:15 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Perodua sudah mulai menggoda konsumen di Malaysia dengan menampilkan gambar versi produksi laman Facebook. Tapi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen Ayla memastikan kalau mobil kompak yang diproduksi di Malaysia berbeda.

"Memang tampilannya mirip, tapi perbedaannya banyak, beda sekali dari Ayla yang diproduksi di sini (Indonesia)," jelas Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM kepada KompasOtomotif, Senin (11/8/2014).

Artinya, platform dan jeroan mesin dipastikan akan dipasok dari Indonesia. "Memang mereka mengambil beberapa komponen mesin dari Indonesia, karena sudah dilokalisasi di sini (Indonesia)," lanjut Sudirman.

Sudirman menjelaskan, Perodua memproduksi sendiri panel bodi mobil kompak sesuai program yang bergulir di Malaysia, yakni Kendaraan Efisien Energi (EEV). Rencana ini sudah disiapkan Perodua sejak proyek Ayla pertama dicetuskan.

Sebelumnya, Perodua juga sudah merakit ulang Sirion dengan nama Myvi, konsepnya serupa dengan yang dilakukan Axia dan Ayla.

Dari bocoran yang ada, mobil murah Malaysia terlihat menggunakan emblem bertuliskan "Axia" untuk model baru. Sudirman melanjutkan, Perodua menyiapkan model baru untuk menggantikan posisi Viva yang selama ini mengisi segmen di bawah Myvi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com