Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail Harley-Davidson ”Tanpa Suara”

Kompas.com - 01/07/2014, 10:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New York, KompasOtomotif – Harley-Davidson yang selama ini sangat membanggakan konfigurasi mesin V-Twin dengan cc besar harus mengikuti perkembangan zaman. Diperkenalkan LiveWire, salah satu model yang diciptakan khusus untuk update tren kendaraan berenergi alternatif tanpa meninggalkan ciri khas Milwaukee.

Tak lama berselang dikenalkan resmi kepada publik, produsen kuda besi Amerika Serikat itu langsung melakukan demonstrasi, dengan mengajak berbagai kalangan untuk merasakan masa depan Harley-Davidson itu.

motorcycle Harley-Davidson Livewire sedang dites di New York, Amerika Serikat.

Seperti dikutip motorcycle dalam artikel tesnya, sepeda motor ini mengesankan bahkan sebelum dinaiki. Tampang sedikit meminjam dari model Harley-Davidson lawas yang biasa dipakai di jalanan off-road. Tentu, penampang mesin yang biasa dihiasi dua blok mesin yang membentuk huruf ”V” kini diganti dengan ”blok” baru yang berisi baterai dan peranti elektrik.

Perlengkapan cukup canggih, termasuk kunci khusus untuk menyalakan motor listrik. Semua indikator ada pada layar TFT penuh warna yang bisa menampilkan banyak informasi, termasuk di antaranya sisa baterai, suhu udara mesin, dan tentu penunjuk kecepatan.

motorcycle Rombongan Harley-Davidson LiveWire melewati batas senja.

Sisi ergonomis dikatakan sangat baik. Dari foto-foto yang disajikan, tampak posisi duduk sangat nyaman untuk pengendaraan jarak jauh. Setang mudah diraih, dipadu dengan posisi kaki yang tak terlalu ke belakang. Kaca spion menjulur di bawah setang.

Meski impresi awal cukup baik, namun tetap saja Harley-Davidson tak mau gegabah. Itulah mengapa diadakan berbagai kegiatan tes, bahkan proyek besar selama dua tahun bernama Project LiveWire Experience. Tak cuma di Amerika Serikat, nantinya juga bakal melancong ke Kanada dan Eropa pada 2015. Dari sini, akan didapatkan evaluasi seperti apa sepeda motor elektrik yang diinginkan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com